Find Us On Social Media :

‘Membantu Perempuan Mencapai yang Terbaik’ Kisah Gadis Miskin Pekerja Rochester yang Bangun Kerajaan Pengusaha Wanita dan Ubah Pengalaman Salon

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 23 Maret 2021 | 14:40 WIB

Martha Matilda Harper

Intisari-Online.com – Pada puncak kariernya yang panjang, seorang ‘motivator’ mungil Martha Matilda Harper mengawasi sekitar 500 salon rambut di seluruh negeri di Kanada, dan di seluruh Eropa yang mempromosikan metode perawatan rambut Harpernya.

Sebagai seorang anak miskin yang terikat kontrak di Ontario, Kanada, ia tumbuh menjadi seorang pengusaha wanita perintis di Rochester, New York.

Meskipun bukan wanita Amerika pertama yang menghasilkan banyak uang dalam perawatan rambut, Harper menciptakan salah satu waralaba bisnis paling awal di Amerika Serikat, sambil memperbesar peluang bagi wanita untuk mengendalikan kehidupan ekonomi mereka.

Dia membangun sebuah kerajaan yang berkembang, kemudian mendekam dilupakan sampai tahun 2000, ketika penduduk Rochester Jane Plitt menerbitkan  Martha Matilda Harper dan American Dream: How One Woman Changed the Face of Modern Business.

Baca Juga: Berkedok Salon Kecantikan, Dua Bersaudara Ini Sembunyikan Kejahatan Besar, Lakukan Transaksi Terlarang Ini Bersama 15 Kaki Tangannya

Dalam bukunya, Plitt mencatat secara rinci bagaimana Harper mendirikan salah satu salon rambut komersial pertama untuk wanita, menciptakan kursi malas, mengelola bisnis yang berkembang selama beberapa dekade, dan menemukan inspirasi dalam agama baru Christian Science.

Lahir pada tahun 1857, Harper adalah anak keempat dari penjahit egois di sebuah desa di luar Oakville, Ontario.

Dia berusia tujuh tahun ketika ayahnya mempekerjakannya untuk kerabat yang tinggal 60 mil jauhnya, dan pada usia 12 tahun dia bekerja untuk dokter setempat yang memiliki lini tonik rambutnya sendiri.

Gadis itu menghabiskan hampir satu dekade di rumah tangga itu dan pada tahun 1882, tidak lama setelah kematian majikannya, ia meninggalkan Kanada menuju Rochester, New York, membawa formula tonik rambut almarhum majikannya.

Baca Juga: Pergoki Suaminya Lakukan Ini di Kursi dengan Karyawannya di Salon, Istri Sah Ngamuk Ambil Gunting dan Cukur Rambut si Wanita