Find Us On Social Media :

Makin Keras Kepala, Iran Tegaskan Sikap Terhadap Kesepakatan Nuklir, Sebut Sanksi AS Telah Gagal

By Tatik Ariyani, Senin, 22 Maret 2021 | 10:40 WIB

Konflik Iran dan Amerika Serikat (AS).

Intisari-Online.com - Hingga kini, AS dan Iran belum juga menemukan kata sepakat untuk kembali ke perjanjian nuklir.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei menegaskan kembali bahwa Iran tidak akan menyerah pada tekanan Amerika Serikat sebagai imbalan atas keringanan sanksi.

Dalam pidato di televisi hari Minggu untuk menandai dimulainya tahun baru Persia, Khamenei mengatakan kampanye "tekanan maksimum" dari sanksi ekonomi telah gagal.

"Dia (Trump) pergi dengan cara yang terkenal itu, membawa aib bagi negaranya," kata Khamenei, seperti melansir Al Jazeera, Minggu (21/3/2021).

Baca Juga: Koar-koar Tuduh Iran Bakal Serang Pangkalan Militernya, Warga Lokal Amerika Malah Temukan Kejanggalan dan Tuduh Itu Hanya Akal-akalan untuk Bisa Lakukan Hal Ini

"Mereka harus tahu 'tekanan maksimum' telah gagal sejauh ini, dan jika pemerintah AS saat ini ingin melanjutkan, itu juga akan gagal."

Trump secara sepihak meninggalkan kesepakatan nuklir 2015 dan mengatakan Iran harus merundingkan kembali kesepakatan itu agar sanksi dicabut.

Pemerintahan Joe Biden mengatakan ingin memulihkan Rencana Aksi Komprehensif Bersama (JCPOA).

Baca Juga: Makin Menggila Balas Dendam Atas Kematian Qassem Soleimani, Pasukan Militer Iran Berani Hancurkan Fasilitas Militer Amerika, Lokasi Rahasia Ini yang Diincar