Find Us On Social Media :

Joe Biden di Ambang Ketakutan, Ditagih Janji Tarik Pasukan Amerika dari Afghanistan, Tapi Terancam Dituduh Penipu oleh Taliban dan Rakyatnya Sendiri, 'Semua Karena Janji Donald Trump Ini'

By Mentari DP, Senin, 22 Maret 2021 | 08:30 WIB

Pasukan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan.

Intisari-Online.com - Salah satu janji Joe Biden ketika menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) adalah menarik ribuan pasukan AS dari Afghanistan.

Itu karena Biden menjanjikan para pasukan itu kembali bertemu keluarganya. Serta menghentikan perang membabi buta di tanah Afghanistan.

Masalahnya rencana Biden itu membuat takut kelompok Taliban.

Baca Juga: Makin Menggila Balas Dendam Atas Kematian Qassem Soleimani, Pasukan Militer Iran Berani Hancurkan Fasilitas Militer Amerika, Lokasi Rahasia Ini yang Diincar

Kelompok Taliban merupakan kelompok nasionalis Islam Sunni pendukung Pashtun yang secara efektif menguasai hampir seluruh wilayah Afganistan sejak 1996 sampai 2001.

Kelompok Taliban dibentuk pada September 1994, mendapat dukungan dari Amerika Serikat (AS) dan Pakistan.

Nah, sebelum Biden menjabat, kelompok militan sudah sepakat dengan Donald Trump dalam sebuah perjanjian pada Februari 2020 kemarin.

 

Sesuai dengan kesepakatan damai AS-Taliban, yang dinegosiasikan oleh pemerintahan Trump, Pentagon pada awalnya setuju untuk menarik diri sepenuhnya pada 1 Mei 2021.

Tapi Jumat lalu, Taliban memperingatkan Washington agar tidak melanggar batas waktu penarikan.

Baca Juga: Korea Utara Terus Menolak Denuklirisasi, Menteri Pertahanan Amerika Klaim Pasukan AS Siap Untuk Bertempur, Adik Kim Jong-Un: Jangan Coba-coba Atau Hal Menggemparkan Ini Mungkin Terjadi