Find Us On Social Media :

Inilah Herlina Kasim, TNI Wanita Pertama Ngotot Ingin Ikut Misi Berbahaya di Irian Barat, Sampai Nekat Memintanya ke Soeharto, Tapi Begitu Masuk Sarang Musuh Langsung Dihujani Peluru

By Afif Khoirul M, Rabu, 17 Maret 2021 | 16:00 WIB

Herlina Kasim dan tentara Indonesia.

Intisari-Online.com -  Mungkin sedikit kita mendengar kisah wanita-wanita TNI yang melakukan misi besar.

Namun, tahukah Anda ternyata ada satu nama pernah melakukan misi berbahaya menyurup ke Irian Barat, dia adalah Herlina Kasim.

Dia sempat nekat menemui Soeharto untuk meminta ikut menyusup ke Irian Barat (sekarang Papua)

Meski bukan seorang pria, hati Herlina Kasim ikut terketuk saat Ibu Pertiwi memanggilnya untuk ikut membebaskan Irian Barat dari Belanda.

Baca Juga: 'Bharata Eka Shakti', Moto yang Lantang Diteriakkan Pasukan TNI Berlambang Kalajengking yang Dikirim Berantas KKB Papua Ini, Apa Artinya?

Dia tercatat sejarah sebagai wanita pertama TNI yang dengan sukarela berjibaku di rimba perawan Irian untuk bergerilya.

Waktu sudah menunjukkan pukul 5.40 pagi hari. Angin Mamiri yang akan membawa Herlina Kasim dengan teman-temannya menerobos ke Irian Barat masih terapung-apung di tengah laut.

Kompas tak ada, yang ada malah kabut tebal. Tidak ada jalan lain untuk masuk teluk dan harus menunggu sampai kabut agak reda.

Daripada menunggu di kapal, mereka turun sebentar. Alangkah kagetnya. Yang disinggahi justru pos tentara Belanda.

Baca Juga: Aprilia Manganang Sukses Buat TNI AD Kepincut hingga Dulu Masuk TNI Lewat Rekrutmen Khusus, Eks Pevoli Putri Ini Kini Jadi Lelaki Tulen