Find Us On Social Media :

Jenderal Hoegeng Dipensiunkan, Soeharto pun Sampai Turun Tangan, Inilah Kasus Rudapaksa Sum Kuning yang Menggemparkan Orde Baru

By Ade S, Minggu, 28 Februari 2021 | 12:42 WIB

Jenderal Hoegeng Dipensiunkan, Soeharto pun Sampai Turun Tangan, Inilah Kasus Rudapaksa Sum Kuning, yang Menggemparkan Orde Baru

 

Intisari-Online.com - Nama Jenderal Polisi Hoegeng Iman Santosa jelas sangat melegenda tak hanya di kalangan para anggota Polisi, tapi juga di masyarakat.

Tapi, siapa sangka kisah keberanian serta kejujurannya harus berakhir dengan puli, dirinya dipensiunkan dini.

Banyak yang percaya bahwa sebuah kasus rudapaksa terhadap Sumarijem atau biasa dikenal dengan Sum Kuning jadi penyebabnya.

Sebuah kasus rudapaksa yang jadi pembicaraan di era Orde Baru bahkan sampai membuat Presiden Soeharto harus turun tangan.

Baca Juga: Jangankan Mimpi Beli Mobil, di Era Orde Baru Dapat Ganti Rugi Pun Sudah Syukur, Kalau Menolak Siap-siap Dapat Label Paling Menyeramkan

Berikut ini kisahnya.

Yogyakarta, 21 September 1970. Sumarijem, seorang penjual telur berusia 18 tahun, tengah menunggu bus di pinggir jalan. Tiba-tiba dia diseret ke dalam mobil oleh beberapa pria.

Sum dibius dan dibawa ke rumah kecil di wilayah Klaten. Di sana dia diperkosa bergiliran oleh para penculiknya. Setelah itu Sum ditinggal begitu saja dipinggir jalan.

Gadis malang ini kemudian melapor ke polisi. Bukannya dibantu, Sum malah dijadikan tersangka dengan tuduhan membuat laporan palsu. Dia diancam akan disetrum jika tidak mau menurut.

Baca Juga: Disebut Efektif Tumpas Kejahatan: Diletakkan Uang Rp 10 Ribu di Atasnya, Para Preman Era Orde Baru yang Terkena Petrus Pun Diperlakukan Seperti Ini