Find Us On Social Media :

Pengeboman Guernica Berikan Lampu Hijau Dimulainya Perang Dunia II; Mungkinkah Dihentikan Saat Itu?

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 23 Februari 2021 | 08:05 WIB

Pengeboman Guernica

Intisari-Online.com – Kapan sebenarnya Perang Dunia II dimulai?

Kebijaksanaan konvensional mengatakan 1 September 1939, hari ketika Inggris dan Prancis menyatakan perang melawan Nazi Jerman setelah invasi Polandia, tetapi tidak sesederhana ini.

Untuk Amerika, Perang Dunia II dimulai di Pearl Harbor pada 7 Desember 1941, sementara Rusia menganggap dimulai ketika Operasi Barbarossa (22 Juni 1941).

Sementara bagi orang Yahudi di Nazi Jerman, Perang Dunia II dimulai ketika hari Hitler menjadi Kanselir (30 Januari 1933) dan untuk Cina, itu adalah invasi Jepang ke Manchuria (18 September 1931).

Baca Juga: Sejarah Timor Leste: Jadi Medan Pertempuran Perang Dunia II, Ada Jasa Rakyat Bumi Lorosae untuk Pasukan Sekutu sampai 'Hutang Terima Kasih' Terus Dikenang Australia

Sangat mudah bagi sejarah untuk memasukkan hal-hal ke dalam tahun-tahun yang dapat dicerna, katakanlah 1939 hingga 1945, dan meskipun ini tidak salah, itu belum sepenuhnya menggambarkannya.

Ketika menanyakan pertanyaan sejarah yang sangat besar mengapa Perang Dunia II dimulai, tanggal-tanggal ini harus diperluas.

Bagi mereka yang tinggal di kota Basque Guernica, Perang Dunia II dimulai pada 26 April 1937, ketika Nazi Jerman mengebom kota itu atas nama Franco dan Pemerintah Nasionalis selama Perang Saudara Spanyol.

Serangan itu, yang dipimpin oleh Luftwaffe Nazi, menargetkan warga sipil dan menewaskan banyak orang.

Baca Juga: Ini Pahlawan Wanita Perang Dunia II dalam Kehidupan Nyata yang Menginpirasi Karakter Film-film Perang, Mata-mata Wanita yang Hidupnya Berakhir dengan Tragis