Find Us On Social Media :

Anastas Mikoyan, Cegah Kiamat di Bumi Amerika Serikat, Atasi Kelaparan di Uni Soviet, Punya Julukan Mirip Soeharto

By Mentari DP, Sabtu, 13 Februari 2021 | 08:30 WIB

Anastas Mikoyan, seorang diplomat Uni Soviet.

Intisari-Online.com - Anastas Ivanovich Mikoyan lahir pada tanggal 25 November 1895 di Armenia.

Dari latar belakang sederhana dan aktivitas revolusioner awal di Armenia, ia bergabung dengan Bolshevik dan akhirnya menjadi salah satu negarawan paling signifikan di Uni Soviet.

Pada peringatan 125 tahun kelahirannya, sejarawan masih memperdebatkan perannya dalam kebijakan dalam dan luar negeri Soviet.

Cerita rakyat Soviet mengatakan tentang Mikoyan berhasil bertahan dari pergantian kepemimpinan di Uni Soviet selama lima dekade.

Baca Juga: Kisah Haji Johannes Cornelis Prince, Desertir Belanda Peraih Bintang Gerilya yang Pernah Dipenjara oleh Nazi, Soekarno, dan Juga Soeharto

Dan meninggal karena penyebab alami dalam masa pensiun yang damai, serta  dikelilingi oleh keluarganya yang luas.

Dalam sebuah artikel berjudul "Anastas Mikoyan: Soviet First Responder and Smiling Diplomat" yang diterbitkan di nsarchive.gwu.edu, akan berfokus pada peran Mikoyan.

Antara lain dalam kebijakan luar negeri Soviet, serta sebagai diplomat kunci, yang mewakili Uni Soviet di saat-saat paling kritis dalam hubungannya dengan berbagai teman dan lawan.

Saat ini, Arsip Keamanan Nasional menerbitkan dokumen dari arsip Rusia dan arsip pribadi Mikoyan, yang belum pernah diterbitkan sebelumnya dalam bahasa apa pun.

Mereka mendokumentasikan pekerjaan diplomatik Mikoyan.

Baca Juga: Jejak Sang Filantrop, 'Tidak Ada Orang Sedermawan Pak Ang Kang Hoo'