Find Us On Social Media :

Sama-sama Punya Masalah dengan Amerika, Ternyata Korea Utara Kembali Lagi Bentuk Aliansi Dengan Negara Timur Tengah Ini untuk Ciptakan Rudal Penjelajah

By Maymunah Nasution, Rabu, 10 Februari 2021 | 16:11 WIB

Rudal balistik terbaru Korea Utara yang jadi rudal terbesar di dunia

Intisari-online.com - Beri sanksi kepada Korea Utara dan Iran, rupanya PBB punya maksud agar kedua negara itu tidak mengembangkan lebih banyak lagi senjata nuklir di dunia.

Pengawasannya, meski begitu, masih cukup sulit dilakukan.

Sampai saat ini ada panel independen yang terdiri dari para ahli mengawasi pelaksanaan sanksi tersebut.

Selanjutnya, hasil penyelidikan panel tersebut menemukan jika ada kerjasama ganjil antara Iran dan Korea Utara dalam membangun rudal-rudal penjelajah.

Baca Juga: Tak Pernah Punya Masalah dengan China, Negara Eropa Ini Mendadak Kirimkan Kapal Selam Nuklir ke Laut China Selatan, Segawat Apa Situasinya?

Dikutip dari Hindustan Times, laporan yang didapat oleh panel independen itu menemukan jika "kerjasama yang dilanjutkan ini disebutkan telah memasukkan transfer bagian-bagian kritis, dengan pengiriman paling terbaru berkaitan dengan hubungan ini terlaksana pada 2020 kemarin."

Iran dan Korea Utara bekerjasama dalam pengembangan rudal jelajah tahun lalu, menurut laporan rahasia PBB.

Proyek itu disebutkan mungkin digunakan untuk menekan administrasi Biden untuk merespon salah satu krisis geopolitik besar saat ini.

Secara berkala dalam diplomasi internasional, Korea Utara dan Iran rupanya memiliki hubungan rahasia dan sama-sama menguntungkan.

Baca Juga: Saat Dunia Sedang Krisis Karena Covid-19, Korea Utara Malah Dapat Duit Rp4,4 Triliun Melalui Cara Kotor Ini, Uangnya Untuk Biaya Senjata Nuklir,