Find Us On Social Media :

Gara-gara Ulah China, Taiwan Batal Jalin Kesepakatan dengan Guyana

By Tatik Ariyani, Jumat, 5 Februari 2021 | 17:01 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer China dan Taiwan

Intisari-Online.com - Sejak lama, hubungan China dan Taiwan tak pernah baik.

China menganggap Taiwan sebagai bagian darinya, sementara Taiwan bersikeras menjadi negara yang merdeka.

Pada hari Jumat, Taiwan menyalahkan China atas keputusan Guyana mencabut kesepakatan bagi pulau itu untuk membuka kantor perwakilan di negara Amerika Selatan itu.

Taiwan mengatakan pihaknya telah mencoba tanpa hasil untuk membuat Guyana berubah pikiran.

Baca Juga: Merinding, Surat Kabar China Ini Bocorkan 6 Rencana Perang China Dalam 50 Tahun ke Depan, Di Antaranya Sudah Mulai Terbukti Hari Ini!

Padahal, Taiwan telah memulai aktivitas awal di kantor tersebut, yang berlaku sebagai kedutaan de facto, bulan lalu.

Hubungan bilateral itu disambut positif oleh Washington dan dikutuk oleh Beijing, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri tanpa hak untuk hubungan antar negara.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan bahwa karena tekanan China, Guyana secara sepihak memutuskan mundur dari kesepakatan, dan Taiwan menyatakan penyesalan yang dalam karena tidak dapat membatalkan keputusan tersebut.

"Kami mengungkapkan ketidakpuasan dan kecaman terkuat kami terhadap pemerintah China sekali lagi menindas dan menekan ruang internasional Taiwan dan partisipasi Taiwan dalam urusan internasional," kata kementerian Taiwan.

Baca Juga: Laut China Selatan Kian Memanas, Mendadak Jet Tempur China Melakukan Serangan Rudal ke Kapal Induk Amerika, Benarkah Perang Dunia 3 Dimulai?