Find Us On Social Media :

China Bisa Kegirangan dengan Kudeta Militer Myanmar, Jepang Ungkap Ini yang Akan Didapatkan Tiongkok

By Tatik Ariyani, Selasa, 2 Februari 2021 | 16:40 WIB

Penasihat Negara Myanmar Daw Aung San Suu Kyi adalah salah satu pejabat asing yang menghadiri acara tersebut

Intisari-Online.com - Saat ini, Myanmar tengah dilanda darurat pemerintahan.

Pihak militer mengumumkan keadaan darurat selama satu tahun untuk menjaga stabilitas negara setelah lakukan kudeta militer.

Pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi bersama sejumlah tokoh senior Partai National League for Democracy (NLD) ditangkap dalam sebuah penggerebekan, Senin (1/2/2021).

Penangkapan tersebut terjadi setelah meningkatnya ketegangan antara pemerintahan sipil dengan militer dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Penggulingan Pemerintahan di Myanmar Hanya yang Terlihat Saja, Negara-negara Ini Juga Baru Saja Terancam Kudeta Militer

Disebut, pangkal masalah ketegangan di Myanmar bermula dari Pemilu November 2020, pemilu demokratis kedua sejak negara itu keluar dari pemerintahan militer pada 2011.

Mengenai kudeta tersebut, Wakil Menteri Pertahanan Jepang Yasuhide Nakayama menyebut sejumlah negara lain berisiko mendorong Myanmar ke pelukan China jika tanggapan mereka terhadap kudeta di negara tersebut mengesampingkan komunikasi dengan pihak militer Myanmar.

"Jika kita tidak melakukan pendekatan ini dengan baik, Myanmar bisa menjauh dari negara-negara demokratis yang bebas secara politik dan bergabung dengan China," katanya.

Jepang yang merupakan pendonor bantuan utama dengan hubungan dekat dekat dengan Myanmar menyerukan pembebasan Suu Kyi dan anggota pemerintahan sipilnya, dan melakukan pemulihan demokrasi.

Baca Juga: Bikin Dunia Terkejut dengan Kudeta Militer Myanmar, Seluruh Dunia Langsung Berikan Reaksi Begini, Indonesia Pun Juga Turut Memberikan Komentar