Find Us On Social Media :

Mahathir Ungkap Malaysia Pernah Nyaris Jatuh dalam Jebakan China Saat Berada di Ambang Kebangkrutan, Untung Saja Digagalkan Setelah Menyadari Hal Ini

By Afif Khoirul M, Jumat, 29 Januari 2021 | 16:44 WIB

PM Mahathir dan Wee Ka Siong

Intisari-online.com - Malaysia pernah jatuh dalam kondisi keuangan yang mengkhawatirkan, saat skandal 1MDB berhasil terungkap.

Bahkan, hal itu tak lantas membuat Malaysia menjadi incaran empuk China, untuk dijerat dengan perangkap utangnya.

Melansir Quartz, hal itu diunkapkan mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohammad sesaat sebelum perjalanannya ke China tahun 2018.

Tujuan Mahathir melakukan perjalanan ke China bukan untuk meminta bantuan negeri panda, tetapi menggagalkan sepasang proyek China.

Baca Juga: Amerika Terkejut Temukan Bukti Adanya Campur Tangan China dalam Pemilu Amerika Tahun 2020, Termasuk Tuduhan Provokasi Untuk Lakukan Hal Ini

Proyek itu diduga kuat memiliki hubungan dengan skandal 1MDB.

"Kami berpikir, kami tidak membutuhkan sepasang proyek itu, jadi kami hanya ingin menghentikan proyek itu," ungkap Mahathir pada Associated Press tahun 2018.

Proyek-proyek tersebut termasuk East Coast Rail Link senilai 20 miliar dollar AS, 688 kilometer, yang akan menghubungkan pelabuhan di pantai timur dan barat semenanjung Malaysia.

Sedang dibangun oleh Perusahaan Konstruksi Komunikasi China.

Baca Juga: Jika Terjadi Bisa Buat Dunia Semakin Mengerikan, Amerika Berniat Ciptakan Robot Pembunuh Terminator, Gara-gara China dan Rusia Juga Sudah Mulai Membuatnya