Find Us On Social Media :

Veteran Perang Arab-Israel 1967 Ini Klaim Bahwa Israel Adalah Penghasut Perang: 'Israel Adalah Makhluk Tentara'

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 27 Januari 2021 | 09:01 WIB

Tentara Israel (IDF) bersorak setelah menembak demonstran Palestina.

Intisari-Online.com - Bresheeth-Zabner, seorang veteran perang Arab-Israel 1967 yang kecewa, membuat pernyataan berikut: negara Yahudi adalah negara apartheid.

Dia juga mengambil kesimpulan bahwa Israel adalah penghasut perang.

Sementara para pemimpinnya telah mempersenjatai paranoia "ancaman eksistensial" untuk membenarkan keadaan perang yang hampir konstan.

Banyak, jika tidak semua, ini karena Israel adalah "makhluk tentara."

Ini adalah lensa yang sangat sempit untuk mengukur seluruh negeri.

Baca Juga: Lengkap dengan Meriam, China Pamerkan Jet Tempur Siluman FC-31 Buatan Sendiri, dengan Jangkauan Lebih dari 2.000 km dan Kecepatan 2.200 Km per Jam

Dalam penuturan Bresheeth-Zabner, semua masyarakat, budaya, dan sejarah Israel telah dibengkokkan oleh kekuatan gravitasi dari institusi terkuatnya, tentara, menjadi satu busur - pencapaian demokrasi Yahudi yang murni rasial, yang akhirnya kehilangan orang Palestina.

Ini jelas tidak benar. Negara bangsa dimotivasi oleh lebih dari satu ideologi, yang ditempa oleh lebih dari satu institusi.

Yang lebih penting, saat dia mencatat dirinya sendiri, ideologi berkembang bersama orang-orang yang membentuknya.

Kemenangan politik dan konseptual David Ben-Gurion atas Zeev Jabotinsky dan visi Joseph Trumpeldor tentang Zionisme, misalnya, mengubah sifat negara yang lahir pada tahun 1948.

Baca Juga: 5 Operasi Militer Pasukan Pertahanan Israel: Komandan Menyamar Sebagai Wanita, Berhadapan dengan Diktator Uganda, hingga Rahasia Selamat Pulang