Kisah Masabumi Hosono, Selamat saat Titanic Tenggelam tapi Malah Disebut Pengecut Bahkan Diminta Lakukan Harakiri oleh Masyarakat Jepang, Tragedi Sekoci Pemicunya

Tatik Ariyani

Penulis

Masabumi Hosono, satu-satunya penumpang Jepang dan orang yang selamat dari kecelakaan Titanic

Intisari-Online.com -Kehormatan, kewajiban, dan rasa malu adalah tiga sifat yang berakar kuat dalam budaya Jepang dan telah berlangsung selama berabad-abad.

Bayangkan seorang prajurit samurai kehilangan kehormatannya.

Dia bisa memulihkan kehormatannya hanya dengan bunuh diri, dengan cara yang agak brutal, dengan melakukan hara-kiri.

Tindakan seperti itu dianggap sebagai cara heroik untuk mati, memungkinkan prajurit untuk menghilangkan rasa malu.

Baca Juga: Tidak Hanya Titanic, Inilah 10 Bangkai Kapal Paling Terkenal yang Sempat Jadi Perburuan para Pemburu Harta Karun

Pada budaya Barat, masalah sosial seperti rasa bersalah, dapat diselesaikan melalui proses hukum atau melalui psikoterapi atau tindakan pengakuan kepada seorang pendeta.

Namun, konsep rasa malu adalah inti dari budaya Jepang dan tidak dapat diangkat sampai orang tersebut melakukan apa yang diharapkan komunitas.

Harapan itu sering kali mencakup ukuran drastis dari bunuh diri.

Salah satu contohnya adalah pada kasus Masabumi Hosono, yang aibnya, dalam konteks budaya asalnya, menimpa dirinya pada malam tenggelamnya RMS Titanic.

Baca Juga: Deretan Orang Paling Pantas Bilang 'Sudah Saya Bilang' dalam Sejarah, Petaka Terjadi karena Ucapan Mereka Tak Didengar, dari Tenggelamnya Titanic Hingga Meledaknya Challenger

Hosono memang satu-satunya orang Jepang yang menaiki Titanic dan dia selamat dari salah satu tragedi kecelakaan kapal paling terkenal sepanjang masa.

Sebagai pegawai Kementerian Perhubungan Jepang, Masabumi Hosono telah menyelesaikan perjalanan kerja ke Rusia dan memesan tiket kelas dua di kapal impian tersebut.

Dia datang ke Inggris setelah penugasannya di Rusia, di mana dia mempelajari pengoperasian kereta api negara itu.

Saat dia menaiki Titanic di Southampton, Hosono bersiap dalam perjalanan pulang.

Di malam tenggelamnya tragis itu, Hosono sudah terlelap tertidur saat kapalnya menabrak gunung es.

Ketukan keras di pintu kabin membangunkannya, dan dia dengan cepat bergegas keluar.

Awak kapal menginstruksikan Hosono, sebagai orang asing, untuk pindah ke geladak bawah kapal yang agak jauh dari sekoci.

Pengalaman tenggelamnya Hosono yang mengerikan digambarkan dalam sebuah surat yang ia persiapkan untuk istrinya.

Baca Juga: Inilah Sosok Pencipta Sepeda Motor Pertama, Teknologi yang Mengubah Dunia, Pertama Kali Diperkenalkan 136 Tahun Lalu

Hosono menulis pada satu titik bagaimana dia tidak dapat "menghilangkan perasaan takut dan sedih."

Dia melanjutkan dalam suratnya, menulis bahwa dia sudah mempersiapkan mental untuk mengambil nafas terakhir dan berharap "untuk tidak meninggalkan sesuatu yang memalukan sebagai orang Jepang."

Tetap saja, seperti orang lain di tengah kepanikan, Hosono sedang mencari jalan keluar, untuk mengatur dan menyelamatkan dirinya dari air es yang dingin.

Jadi, di beberapa titik, salah satu petugas yang ditugaskan untuk memuat sekoci (akun bervariasi apakah ini sekoci 10 atau 13) berteriak kepada kerumunan bahwa masih ada ruang untuk dua orang lagi.

Tepat di depan mata Hosono, seorang laki-laki bergegas untuk melompat ke perahu, dan sesaat kemudian, dia melompat ke depan, menghindari kematian.

Hosono menulis bahwa dia mendapati dirinya sangat putus asa memikirkan tidak akan pernah melihat orang yang dicintainya lagi.

Bersama para penyintas lainnya, Hosono tiba di New York.

Baca Juga: Dengan Paras Ayu dan Rayuan Mautnya, Beginilah Cara Betty Pack Dapatkan Kode-kode Rahasia Selama PD II hingga Jadi Mata-mata MI6 Kebanggaan Inggris

Awalnya tidak banyak perhatian yang diberikan padanya.

Dibantu oleh teman-temannya, Hosono akhirnya mencapai tanah airnya, di mana berita utama surat kabar menyatakannya sebagai "Bocah Jepang yang Beruntung".

Dia memberikan pernyataan, wawancara, dan foto keluarga untuk beberapa surat kabar di Jepang, dan ini memberinya ketenaran.

Namun, tak lama kemudian, keadaan berubah menjadi yang terburuk ketika Hosono ditegur di Amerika Serikat.

Kecaman yang keras, dibuat oleh Archibald Gracie, penumpang kelas satu dan seorang penyintas Titanic lainnya, menyebutnya sebagai "penumpang gelap".

Surat kabar Jepang segera menindaklanjuti, mengkritik Hosono di depan umum dan menyalahkan dia atas perbuatannya - karena berhasil melewati begitu banyak orang yang binasa di lautan.

Keadaan menjadi lebih buruk ketika Hosono dipecat dari jabatannya di kementerian.

Bahkan, muncul buku teks yang merujuk pada kasusnya sebagai contoh perilaku tercela.

Baca Juga: Kepincut Wanita Indonesia, Bule Inggris Ini Harus Menerima Kenyaataan Pahit Hartanya Rp67 Miliar Dikuras Habis Oleh Istrinya Hanya Untuk Hal Ini

Guru besar menyatakan bahwa perbuatannya tidak etis.

Hosono kemudian diberikan kembali pekerjaannya, dengan penjelasan dia adalah karyawan yang sangat terampil.

Dia terus bekerja di sana sampai dia meninggal pada tahun 1939. Namun, aib tetap membayangi nama keluarga.

Sementara Masabumi Hosono secara pribadi tidak akan pernah berbicara tentang malam tenggelamnya - malam memalukan - anggota keluarga menerbitkan surat emosional yang dia tulis kepada pasangannya beberapa kali setelah kematiannya.

Publikasi terakhir surat tersebut datang dari cucu Masabumi, Haruomi Hosono, seorang musisi ternama di Jepang, yang menggunakan momen ketika Titanic karya James Cameron akan dirilis di bioskop.

Seperti yang dijelaskan Haruomi Hosono, dengan menerbitkan kembali surat tersebut memberikan kelegaan bagi keluarga, cara yang tepat untuk mengembalikan kehormatan nama keluarga Hosono.

Mungkin agak sulit untuk memahami mengapa seorang anggota keluarga perlu menerbitkan surat itu lagi, tetapi itu adalah keputusan yang dibuat dengan harapan, bahwa perkataan Masabumi Hosono akan menunjukkan emosi dirinya, dan akhirnya, kata-kata itu akan menjadi kemampuan untuk menghilangkan rasa malu dari keluarga Hosono.

Artikel Terkait