Find Us On Social Media :

Tak Hanya Minyak Bumi dan Ikan Melimpah, Ternyata Ada Harta Menggiurkan di Kedalam Laut Natuna, Pantas China Saja Menginginkannya

By Afif Khoirul M, Sabtu, 23 Januari 2021 | 15:35 WIB

Badan Keamanan Laut (Bakamla) berhasil mengamankan kapal ikan asing asal Vietnam yang melakukan pencurian ikan di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, Kamis (29/10/2020).

Intisari-online.com  - Belakangan ini Natuna kembali di sorot karena TNI AL kembali menangkap satu kapal asing pada Jumat (22/1).

Patroli menggunakan KRI Usman Harun itu diketahui berhasil menangkap kapal bernama Hai Chien Hsing berbedera Taiwan.

Dari hasil penangkapan itu ada sembilan anak buah kapal (ABK) yang diamankan oleh TNI AL

Sebenarnya apa saja kekayaan alam yang tersembunyi di laut Natuna sehingga banyak kapal asing sering tertangkap nyelonong di wilayah ini?

 

Dilansir dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Natuna menjadi pulau yang menarik orang-orang sejak dahulu.

Baca Juga: Suka Usik Wilayah Orang Tapi Tak Mau Diusik Balik, China Izinkan Kapal Penjaga Pantai Tembak Siapapun yang Berani Nyelonong Wilayah Sengketa Ini

Banyak dari pelayar yang menyambangi pulau ini untuk bertransaksi dalam perniagaan. Tak sedikit pula yang hanya berteduh saat badai melanda.

Natuna memiliki sebuah pantai di daerah Klarik yang menyimpan banyak artefak, khususnya wadah dari porselain atau keramik.

Sekitar laut Natuna relatif dangkal dan berkarang, sehingga banyak kapal muatan yang tenggelam.

Keramik ini sebagian besar berasal dari China daratan, mulai dari Masa Ching, Ming, Yuang, hingga Song.

Baca Juga: Rumitnya Perkara Natuna, Selain Diincar Oleh China, Ada Benturan Klaim Indonesia dengan Malaysia Atas Karang Singa, yang Disebut-sebut Kunci Kedaulatan Indonesia Ini