Find Us On Social Media :

Sempat Sesumbar Enggan Normalisasi dengan Israel, Qatar Kini Buka Peluang dengan Syarat

By Ade S, Jumat, 15 Januari 2021 | 20:06 WIB

Ilustrasi bendera Qatar dan Israel

 

Intisari-Online.com - Pemerintah Qatar tampaknya sedang membuka peluang untuk melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Hal itu, menurut sumber dari pemerintah Qatar, dapat dilakukan asalkan ada syarat yang dapat dipenuhi.

Padahal, pada pertengahan tahun lalu, negara kaya minyak ini sempat dengan lantang menolak normaliasi hubungan dengan Israel.

 

Saat itu, pernyataan mereka dilontarkan setelah dua negara Arab, Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain sudah lebih dulu melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

Baca Juga: Masa Bodo dengan Konsensus Internasional, AS Bersiap Bangun Gedung Sendiri untuk Kedutaan Besarnya di Yerusalem, Israel Langsung Beri Janji Manis Bagi Negara Lain

Qatar, pada pertengahan September 2020, lalu menegaskan tak akan mengikuti langkah kedua negara tersebut.

Menurut Juru Bicara Pemerintah Qatar, Lolwah Al-Khater, normalisasi hubungan dengan Israel bukan jawaban atas konflik Israel dan Palestina.

“Kami tak berpikir normalisasi jadi intin dari konflik ini dan oleh sebab itu hal tersebut bukanlah jawaban,” tutur Al-Khater kepada Bloomberg seperti dikutip dari Al-Jazeera.

“Inti dari konflik ini mengenai kondisi drastis yang dialami Palestina sebagai masyarakat tanpa negara dan hidup dalam penjajahan,” tambahnya.

Baca Juga: Dihukum karena Tolak Terbangkan Pesawat ke Israel, Pilot Maskapai UEA: Tuhan Menjaga Saya, Saya Tidak Menyesalinya