Find Us On Social Media :

Makin Memanas! Ini Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS, Pasukan Elit Teheran Luncurkan Pangkalan Rudal Bawah Tanah di Tengah Ketegangan

By Khaerunisa, Senin, 11 Januari 2021 | 10:30 WIB

ilustrasi perbandingan kekuatan militer Iran dan AS

Intisari-Online.com - Tensi hubungan Iran-AS masih terus memanas, seperti apa perbandingan kekuatan militer Iran dan AS?

Setelah makin memanas dengan berbagai tindakan AS beberapa waktu lalu, kini giliran Iran menunjukkan 'taringnya'.

Sebelumnya, menjelang peringatan satu tahun kematian jenderal top Iran pada 3 Januari, AS diketahui mengirimkan sejumlah armada tempurnya mendekati wilayah musuh.

Seperti dua pembom B-52 yang terbang di atas Teluk Persia pada hari Rabu (30/12/2020).

Baca Juga: Arab Saudi Termasuk Militer Paling Kaya di Dunia, Tapi Hasilnya Disebut 'Tidak Pasti' Justru Hanya Segini Peringkat Kekuatan Militernya, Ini Kata Ahli

Itu dilakukan setelah pada awal bulan Desember, sepasang B-52 dari Pangkalan Angkatan Udara Barksdale di Louisiana menerbangkan misi "kehadiran" di atas Teluk Persia dalam unjuk kekuatan lainnya.

Kemudian pada pada 22 Desember Angkatan Laut AS mengumumkan bahwa kapal selam bertenaga nuklir, USS Georgia, memasuki Selat Hormuz, jalur perairan strategis antara Iran dan Semenanjung Arab.

AS gencar mengirim peralatan militer ke kawasan tersebut dalam apa yang diklaim sebagai pencegahan atas kemungkinan serangan balas dendam Iran.

Sementara itu, baru-baru ini pasukan elit Iran, Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) telah meluncurkan pangkalan rudal bawah tanah besar di sepanjang pantai Teluk Persia di tengah ketegangan yang meningkat dengan Amerika Serikat, menurut Aljazeera.com (8/1/2021).