Find Us On Social Media :

‘Tidak Miliki Sayap Ekor yang Terlihat dan Tidak Ada Sayap Kecil di Ujung Sayap’ Ini Desain Pembom Siluman Strategis Jarak Jauh Miliki China, Perlukah AS Khawatir?

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 9 Januari 2021 | 11:55 WIB

Pesawat pembom H-20 China.

Intisari-Online.com – China kemungkinan siap untuk pengiriman pesawat bomber strategis generasi baru tahun ini.

Namun, Beijing disebut-sebut tengah menimbang dampak perilisannya pada waktu yang kompleks terkait hubungan regional karena pandemi virus corona.

Penampilan pesawat bomber di pertunjukan udara tahun ini dapat meningkatkan ketegangan secara langsung karena mengancam negara-negara yang berada dalam jangkauan serangannya, terutama Australia, Jepang dan semenanjung Korea.

Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) untuk pertama kalinya memberikan petunjuk tentang desain pembom siluman strategis jarak jauh generasi berikutnya.

Baca Juga: Iran Tuding AS Hanya Cari Alasan untuk Memulai Perang, Konflik Makin Panas, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Iran dan AS

Mereka memasukkan desain pembom siluman strategis jarak jauh tersebut ke dalam sebuah adegan dalam video perekrutan anggota Angkatan Udara PLA 2021 yang meluncur pada Selasa (5/1) lalu. 

Mengutip Global Times, di menit adegan penutup video, sebuah pesawat tak dikenal yang ditampilkan dalam citra hasil komputer memasuki panggung. 

Pesawat itu ditutupi dengan selimut putih dan hanya garis depan yang dapat dilihat, yang menunjukkan kapal terbang tersebut memiliki desain sayap terbang dengan dua intake di bagian belakang pesawat. 

Burung besi itu tidak memiliki sayap ekor yang terlihat dan tidak ada sayap kecil di ujung sayap.

Baca Juga: Sebentar Lagi Lengser dari Jabatan Presiden Amerika, Trump Justru Diam-diam Sudah Kerahkan Pesawat 'Kiamat' Ini ke Iran, 'Pesta Nuklir' Bisa Saja Terjadi di Malam Tahun Baru