Find Us On Social Media :

‘Bom Lengket’, Senjata Perang Dunia Kedua yang Terpaksa Dilempar Bersama Celana Pemiliknya Karena Lengket di Saku

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 15 Desember 2020 | 07:00 WIB

Bom lengket yang digunakan saat PD II

Intisari-Online.com – Salah satu persenjataan yang digunakan saat Perang Dunia Kedua ini disebut dengan ‘bom lengket’ , granat tangan.

Asal mula dari apa yang secara resmi disebut 'Granat, Tangan, Anti-Tank No. 74' kembali ke tahun 1938, ketika Major Millis Jefferis memulai studi desain untuk senjata anti-tank berdasarkan apa yang kemudian dikenal sebagai prinsip 'kepala squash' .

Senjata kepala squash ini diisi dengan bahan peledak plastik dan dilengkapi dengan sekering basis aksi tertunda.

Bahan peledak plastik 'terjepit' ke permukaan tangki target saat terjadi benturan, dan menyebar membentuk cakram atau 'tepukan'.

Baca Juga: Shiro Ishii, Pemuda Berbahaya Penyebar 'Kematian Hitam' dengan Eksperimen Bom Wabah Berisi Kutu-kutu yang Terinfeksi dalam Perang Biologis

Sekering dasar kemudian meledakkan bahan peledak, menciptakan gelombang kejut yang meniup pecahan berkecepatan tinggi yang mematikan dari bagian dalam armor.

Beberapa ledakan juga menyebar ke luar, ini sering kali cukup kuat untuk meledakkan antena dan menghancurkan senjata api.

Gagasan 'lepas landas' setelah evakuasi Dunkirk, ketika invasi Jerman tampaknya akan terjadi dan ada kekurangan senjata anti-tank.

Pada saat itu, Jefferis memerintahkan MIR (c), departemen rahasia yang bertanggung jawab mengembangkan senjata untuk perang gerilya,  dan bisa mendapatkan dukungan antusias dari Churchill untuk bom lengket tersebut.

Baca Juga: 75 Tahun Lalu Pesawat Pembawa Bom Amerika Ini Hilang di Segitiga Bermuda, Sempat Dikira Hilang Karena Kekuatan Setan, Akhirnya Terungkap Misteri Sebenarnya!