Find Us On Social Media :

Diikuti Peserta dari Aceh sampai Papua Barat, UI Ultra 2020 Virtual Sukses Digelar oleh ILUNI FEB UI

By Ade S, Senin, 14 Desember 2020 | 15:57 WIB

UI Ultra 2020 Virtual

Intisari-Online.com - Di bawah naungan Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, komunitas FEB UI Runners telah sukses menggelar UI Ultra 2020 Virtual, 11-13 Desember 2020.

Acara ini sendiri seharusnya akan digelar 'langsung' di Kampus UI, Depok, pada tanggal 18-19 April 2020.

Namun, seiring terjadinya pandemi COvid-19, kegiatan UI Ultra pun ditunda dan kemudian berinovasi konsepnya menjadi virtual, mengedepankan kegiatan berolahraga yang mandiri, relatif lebih aman di masa pademi ini, namun tetap terkoneksi secara virtual dengan ribuan peserta lainnya.

Perubahan konsep acara menjadi UI Ultra 2020 Virtual ternyata tidak menyurutkan antusiasme peserta, terutama dari kalangan alumni Universitas Indonesia. Sebanyak 1.300 peserta dari 96 kota di 5 pulau besar di Indonesia mengikuti acara ini, dari Pidie, Aceh sampai Manokwari, Papua Barat.

UI Ultra 2020 Virtual tetap mempertahankan keunikan acaranya dengan membuka 4 kategori lari, yaitu individu, relay 2, relay 5, dan relay 10. Total jarak yang harus ditempuh setiap kategori adalah 70 kilometer dan ada 150 peserta yang menempuh jarak tersebut secara individu. Jarak 70 kilometer dipilih dalam rangka memperingati dies natalis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia yang ke-70 di tahun 2020 ini.

“Berkolaborasi dengan platform teknologi virtual run, UI Ultra 2020 Virtual membantu peserta untuk berlari secara mandiri di dalam maupun di luar rumah selama rentang waktu 3 hari. Peserta tim relay pun bisa melakukan kegiatan mereka secara bersama-sama di tempat yang berbeda, namun terhubung secara teknologi dan menyelesaikan jarak 70 kilometer secara tim.” jelas Anthony Reza, Race Director UI Ultra 2020 Virtual.

Untuk memberikan atmosfer acara lari yang seru dan menyerupai lomba lari pada umumnya, UI Ultra 2020 Virtual menaruh 6 titik foto di rute lari yang biasa dilalui oleh peserta di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor, dan Bandung. “Ada 6 fotografer olahraga yang kami letakkan di 6 rute populer di kota-kota dengan jumlah peserta terbanyak. Dengan demikian peserta yang berlari sendirian bisa mendapatkan dokumentasi acara yang diambil dengan jarak aman oleh fotografer profesional.” tambah Reza.

“Kegiatan ini sesuai dengan visi dan misi tiga landasan ILUNI FEB UI, yaitu, Caring, Communication, and Contribution. UI Ultra 2020 Virtual diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk memupuk nilai kebersamaan dan kekompakkan alumni Universitas Indonesia lintas fakultas lintas angkatan dan pihak lain yang mempunyai kepedulian terhadap Universitas Indonesia.” tutup Notariza Taher, Direktur ILUNI FEB UI.