Find Us On Social Media :

Meski Baru Merdeka Pantas Indonesia Langsung Berbahaya, Lihat Saja Menterengnya Senjata Militer Angkatan Laut Indonesia Pada Era Soekarno Ini

By Afif Khoirul M, Sabtu, 12 Desember 2020 | 13:12 WIB

Kolase - Angkatan Laut Indonesia dan Presiden Soekarno.

Intisari-online.com - Kharisma Presiden Soekarno dalam memimpin Indonesia memang luar biasa.

Banyak negara-negara barat yang segan kepada Indonesia, selama dipimpin oleh Presiden Soekarno.

Hal itu tak lain karena keberaniannya dalam menentang imperialisme, dan segala bentuk kolonialisme.

Selain itu, Soekarno juga dikenal cukup dekat dengan Uni Soviet, hal itu terbukti dari beberapa senjata militer yang dimiliki Indonesia pada era Soekarno, berasal dari Uni Soviet.

Baca Juga: Jet Tempur Sukhoi Su-47: Pendahulu Jet Tempur Unggulan Rusia dengan Sayap Unik yang Malah Tidak Pernah Terbang, Diproduksi Saja Tidak, Amit-amit

Pada masa konfrontasi antara 1962-1966, kemampuan angkatan laut Indonesia juga naik drastis secara kualitas dan kuantitas.

Armada tempur indonesia diperkuat dengan akuisisi oleh Uni Soviet, termasuk mendatangkan kapal perusak, kapal penjelajah, fregat, kapal rudal serang cepat hingga kapal selam.

Marinir Indonesia juga diperkuat dengan senjata amfibi lapis baja, dan helikopter untuk angkatan laut yang diboyong langsung dari Uni Soviet.

Untuk pendatangan alutsista angkatan laut, tahun 1959, empat kapal perusak kelas Skory, didatangkan dari Polandia.

Baca Juga: Menohok, Usaha Kontroversial China Ubah Batu Karang Jadi Pangkalan Militer di Laut China Selatan Mungkin Tidak Berguna Sama Sekali dan Bisa Tambah China Remuk Bubuk, Apa Sebabnya?