Find Us On Social Media :

700 Nyawa Pengikutnya Melayang, Inilah Pembantaian Mencekam oleh Sebuah Kultus Kiamat: 'Semua Tertutup Asap, Jelaga, dan Bau Daging yang Terbakar'

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 8 Desember 2020 | 08:00 WIB

Dua puluh tahun kemudian, keberadaan (dari kiri ke kanan) Ursula Komuhangi, Credonia Mwerinde, Joseph Kibwetere dan Dominic Kataribabo tidak diketahui

Intisari-Online.com - Judith Ariho tidak meneteskan air mata saat dia mengingat pembantaian gereja di mana ibunya, dua saudara kandung dan empat kerabat lainnya dan 700 orang meninggal.

Dilansir dari BBC, Rabu (18/3/2020) tepat 20 tahun yang lalu, di distrik Kanungu, Uganda, Afrika, mereka dikunci di dalam sebuah gereja, dengan pintu dan jendela dipaku tertutup dari luar dan kemudian dibakar.

Dua dekade kemudian, kengerian acara ini masih terlalu mengerikan bagi Ariho, yang tampaknya hanya mampu mengatasi trauma dengan menutup diri dari emosi.

Mereka yang mati adalah anggota Gerakan Pemulihan Sepuluh Perintah Allah - kultus kiamat yang percaya bahwa dunia akan berakhir pada pergantian milenium.

Baca Juga: Malaysia Mulai Berlakukan Lockdown Total, Justru Pengusaha Singapura Kalang Kabut dan Suruh Karyawan Malaysia Pulang, Ambil Baju, dan Segera Kembali, Kalau Tidak Terancam Hal ini

"Akhir zaman sekarang", seperti yang diungkapkan oleh salah satu buku itu, datang dua setengah bulan kemudian, pada 17 Maret 2000.

Dua puluh tahun kemudian, tidak ada seorang pun yang dituntut sehubungan dengan pembantaian dan para pemimpin kultus, jika mereka masih hidup juga tidak pernah ditemukan.

Anna Kabeireho, yang masih tinggal di lereng bukit yang menghadap ke tanah yang dimiliki oleh sekte itu, tidak melupakan bau yang menyelimuti lembah itu pada Jumat pagi.

Baca Juga: Tempuh Jarak 200 Kilometer Melintasi Hutan Terpencil, Anjing Ini 'Berurai Air Mata' dalam Perjalanan Pulang ke Rumah Majikan yang 'Membuangnya'