Find Us On Social Media :

Jelas-jelas Cari Sekutu Baru yang Sama-sama Bermusuhan dengan India, China Tandatangani Kesepatakan Militer Baru dengan Negara Ini

By Tatik Ariyani, Jumat, 4 Desember 2020 | 08:17 WIB

Militer China.

Intisari-Online.com - Hingga kini, konflik China dan India di wilayah perbatasan di Himalaya maish belum menemukan penyelesaian.

Puncak konflik kedua negara terjadi pada Juni lalu, ketika pertempuran tangan kosong antara pasukan kedua negara menewaskan 20 tentara India dan sejumlah tentara China yang dirahasiakan jumlahnya.

Pertempuran tersebut meningkatkan ketegangan dan memicu penempatan besar-besaran di daerah perbatasan kedua negara.

Kedua belah pihak sejak itu berusaha meredakan situasi melalui jalur diplomatik dan militer, tetapi hanya membuat sedikit kemajuan, mengakibatkan tentara India dan China berhadapan dalam suhu di bawah nol derajat di gurun salju Ladakh.

Baca Juga: Perkasanya Militer Israel yang Akan Menjadi Lebih Kuat Tak Keruan, Berkat Satu Hal Ini, Menteri Pertahanan: 'Kami Memperkuat di Setiap Lini, di Setiap Tempat'

Setelah berbulan-bulan mengalami kemajuan yang tidak menentu, kedua belah pihak sedang membahas penarikan militer dari gurun dataran tinggi di mana suhu telah turun hingga 18 derajat di bawah Celcius, menurut tiga pejabat Pemerintah India.

Namun, baru saja rencana itu berkumandang, China sudah bikin gara-gara lagi.

Menurut sebuah citra satelit, China tampaknya telah membangun desa, jalan, dan bunker penyimpanan di dekat perbatasan yang disengketakan dengan India serta di wilayah Bhutan.

Itu menurut citra satelit yang baru diakuisisi oleh outlet berita India NDTV dan ditangkap oleh perusahaan satelit AS Maxar.

Baca Juga: Coba Tebak dari Gambar Berikut Ini Mana Wanita yang Paling Tua? Jawaban Anda Akan Mengungkapkan Banyak Hal Tentang Kepribadian Anda