Find Us On Social Media :

Kekayaan Tak Seberapa Tapi Utang Jor-Joran, Banyak Negara dan Lembaga Dunia Prihatin Pada Timor Leste Sampai Memintanya Berhenti Mengambil Utangan Karena Hal Ini

By Afif Khoirul M, Sabtu, 28 November 2020 | 09:28 WIB

Foto bendera Timor Leste.

Intisari-online.com - Timor Leste negara yang telah merdeka dari Indonesia, namun kondisi ekonominya masih dalam kondisi mengkhawatirkan.

Kekayaan minyak yang melimpah nyatanya tak mampu membuat negara ini hidup dengan makmur.

Sementara itu, petiggi politik Timor Leste Xanana Gusmao berkeyakinan bahwa negara ini akan hidup makmur jika melakukan pembangunan skala besar.

Yaitu dengan mengembangkan ladang minyak dan pembangunan infrastruktur besar-besaran melalui proyek Tasi Mane.

 Baca Juga: Mau Turunkan Berat Badan Tapi Tidak Mau Repot? Coba Cara Sederhana Berikut Ini, Mulailah dari Sekarang Juga, Buktikan Sendiri!

Proyek ini dinilai sebagai jalan panjang Bumi Lorosae untuk mencapai kesejahteraan.

Namun, untuk melaksanakan proyek besar ini, negara itu membutuhkan investasi dari negara asing, dan mendapatkan pinjaman dana untuk melakukan pembangunan.

Sejauh ini China dan Australia adalah yang terdepan dalam memberikan pinjaman dana pada Timor Leste.

Meski demikian, justru banyak negara di dunia dan lembaga yang prihatin dengan utang Timor Leste sampai memberikan seruan untuk memintanya berhenti mengambil utang.

Baca Juga: Begini Rupanya Trik Pedagang Makanan Cuci Perabot Plastik yang Berminyak, Cuma Gunakan Ini Kesat Sekali Usap, Bahkan Lebih Ampuh dari Sabun!