Find Us On Social Media :

Jokowi Dinilai Mementingkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19, Indonesia Alami Resesi Pertama Setelah 2 Dekade Sejak Krisis 1998 yang Buat Soeharto Mundur

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 5 November 2020 | 17:37 WIB

Presiden Jokowi,

Intisari-Online.com - Perekonomian Indonesia yang terkena virus mengalami kontraksi pada kuartal ketiga.

Ini menjerumuskan Indonesia ke dalam resesi pertama setelah lebih dari 20 tahun lalu.

Aktivitas ekonomi merosot 3,49% per tahun pada Juli-September, badan statistik mengatakan Kamis, dengan pariwisata, konstruksi dan perdagangan di antara sektor yang paling terpukul.

Data tersebut menandai kontraksi kuartal kedua berturut-turut setelah penurunan 5,3% pada April-Juni.

Baca Juga: Tak Terima Nabi Muhammad Dihina Oleh Macron, Presiden Turki Erdogan Ternyata Pasang Badan Sebut Macron Sakit Mental, Turki Malah Dituduh Ingin Gempur NATO?

Indonesia terakhir kali mengalami resesi pada tahun 1998 dan 1999 selama krisis mata uang regional yang memaksa pengunduran diri diktator jangka panjang Soeharto.

Namun, kedalaman penurunan saat ini mereda, kata badan tersebut, menambahkan itu menunjuk ke angka yang lebih kuat pada kuartal terakhir tahun ini.

Perekonomian “terus menunjukkan kontraksi dari tahun ke tahun tetapi pemulihan kuartal ke kuartal cukup kuat,” kata Anwita Basu, kepala Risiko Negara Asia di Fitch Solutions di Singapura, menyoroti kenaikan bertahap di bidang manufaktur., sebagaimana dilansir Asia Times.

“Beberapa upaya pemerintah untuk melanjutkan pekerjaan umum tercermin dari itu,” tambahnya.

Baca Juga: Sang Istri Kaget Setengah Mati, Suaminya Pamit Kerja 2 Bulan Pulang-Pulang Sudah Bawa Uang Rp4,9 Miliar, Makin Kaget Pekerjaan Aslinya Sang Suami Terkuak Setelah Berhubungan Badan