Find Us On Social Media :

Dulu Bencinya Setengah Mati dengan Indonesia Sebut Penjajah Kejam, Kini Timor Leste Justru Minta Perlindungan Militer ke Indonesia hingga Beli Senjata dari Indonesia

By Khaerunisa, Senin, 2 November 2020 | 18:20 WIB

(ilustrasi) Dulu Bencinya Setengah Mati dengan Indonesia Sebut Penjajah Kejam, Kini Timor Leste Justru Minta Perlindungan Militer ke Indonesia hingga Beli Senjata dari Indonesia.

Intisari-Online.com - Di masa lalu, rakyat Timor Leste pro-kemerdekaan tak hentinya melakukan perlawanan untuk bisa melepaskan diri dari Indonesia.

Hal itu konon dikarenakan penderitaan yang didapat Timor Leste selama menjadi wilayah Indonesia.

Konflik, kelaparan, hingga penyakit yang terjadi selama pendudukan Indonesia disebut merupakan alasan rakyat Timor Leste ingin merdeka.

Timor Leste sendiri menjadi bagian dari wilayah Indonesia antara tahun 1975 dan 1999.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste: Jadi Rebutan Portugal dan Belanda hingga Diinvasi Indonesia

Invasi tentara Indonesia terhadap Timor Leste akhirnya menjadikan wilayah tersebut jatuh ke tangan Indonesia pada tahun 1976.

Bumi Lorosae pun diakui sebagai provinsi ke-27 Indonesia, juga provinsi termuda saat itu.

Kemudian perlawanan rakyat Timor Leste yang saat itu dikenal sebagai Timor Timur, menemui puncaknya dengan diselenggarakan referendum tahun 1999.

Rakyat Timor Leste mendapatkan kesempatan untuk memilih, antara tetap berintegrasi dengan Indonesia atau tidak alias merdeka.