Find Us On Social Media :

Masalah Laut China Selatan Belum Kelar, China Sudah Berencana Incar Daerah Antartika, Siapa Sangka Ada Harta yang Sangat Menggiurkan Ini Tersembunyi di Benua Es Itu

By Mentari DP, Minggu, 1 November 2020 | 08:40 WIB

Kapal-kapal berbendera China.

Intisari-Online.com - Tahun 2020 sepertinya menjadi 'panggung' bagi negara China.

Ada dua topik besar yang akan selalu dikaitkan dengan Negeri Panda tersebut.

Itu adalah pandemi virus corona (Covid-19) yang menyebabkan lebih dari 40 juta orang di dunia terinfeksi dan konflik Laut China Selatan yang membuat militer seluruh dunia siaga.

Kini, China kembali mendapat kecaman di panggung internasional. 

Baca Juga: Miliki Skill yang Tak Dimiliki Pasukan Elite Lainnya, Paskhas TNI AU Pernah Bikin Pasukan Australia dari Arogan Berubah Jadi Segan

Dilansir dari Express.co.uk pada Minggu (1/11/2020), menurut para ahli, negara yang dipimpin oleh Presiden China Xi Jinping ini melihat Beijing mulai melirik Antartika di bagian selatan.

Di mana demi itu untuk memposisikan negaranya sebagai pemimpin global di kawasan itu dan mendorong peruntungannya dengan perjanjian internasional. 

Pakta global, yang ditandatangani 60 tahun lalu, didedikasikan untuk melestarikan dan melindungi benua es itu untuk penelitian ilmiah dan memberikan perlindungan terhadap proliferasi nuklir.

Tetapi Profesor Klaus Dodds mengatakan beberapa bagian dari perjanjian itu perlu diperbarui.

“Dalam beberapa tahun terakhir telah berkembang pengakuan bahwa Samudra Selatan membutuhkan lebih banyak perlindungan konservasi," ungkap Profesor Klaus Dodds.

Baca Juga: Semua Misi Nyaris 100% Sukses, Inilah Koopssus TNI, Pasukan Elite Indonesia yang Jago di Darat, Laut, dan Udara, 'Hanya Bisa Diperintah oleh Presiden Jokowi'