Find Us On Social Media :

Habis Kunjungi Indonesia, Pompeo: Amerika Akan Cari 'Cara Baru' Jalin Kerja Sama Dengan Indonesia di Laut China Selatan, Bagaimana Maksudnya?

By Maymunah Nasution, Kamis, 29 Oktober 2020 | 15:48 WIB

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo

Intisari-online.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo baru saja mengunungi lima negara Asia.

Salah satunya tidak lupa adalah Indonesia.

Kamis 29 Oktober 2020 mengatakan bahwa negaranya akan menemukan cara baru untuk bekerjasama dengan Indonesia dalam merespons langkah China di Laut China Selatan.

Pompeo menyebut menghormati upaya pemerintah Indonesia untuk melindungi perairan sendiri dalam melawan klaim 'tidak sah' di China atas teritorial Indonesia.

Baca Juga: Tak Perlu Turun Tangan Langsung Hadapi China di Laut China Selatan, Negara ASEAN Ini Bisa Dimanfaatkan Amerika untuk Melawan China

Kunjungan Pompeo ke Indonesia merupakan bagian dari tur 5 negaranya di Asia, di mana ia berusaha memperkuat hubungan strategis dan ekonomi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan China.

Dalam konferensi bersama dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi, Pompeo memuji "tindakan tegas" pemerintah Indonesia untuk melindungi kedaulatannya di perairan dekat Kepulauan Natuna, yang diklaim China sebagai wilayahnya.

Pompeo mengatakan klaim China itu "melanggar hukum".

China membuat klaim tentang Laut China Selatan atas dasar sembilan garis putus-putus, penggambaran yang tidak jelas dari peta yang berasal dari era 1940-an.

Baca Juga: Tak Pakai Pasukan Militer, Filipina Siap Lakukan Bentrokan Brutal dengan China, di Titik Ini Kemungkinan Konflik Akan Pecah, Presiden Xi Jinping: Coba Saja, Sebab Kami Terlalu Kuat