Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 26 Oktober 2020: Ini Sebabnya Pemerintah Membeli Vaksin Covid-19 yang Belum Lolos Uji Klinis, Jokowi: Kita Ini Kejar-kejaran

By Maymunah Nasution, Senin, 26 Oktober 2020 | 18:40 WIB

5 Rekomendasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) soal Program Vaksinasi Covid-19

Intisari-online.com - Presiden Joko Widodo mengungkapkan alasan mengapa pemerintah bergerak cepat dalam pengadaan vaksin virus corona Covid-19.

Selain mengembangkan vaksin sendiri, pemerintah telah melakukan finalisasi pembelian vaksin untuk Covid-19 dari tiga perusahaan produsen vaksin, yakni Cansino, G42/Sinopharm, dan Sinovac.

Padahal, vaksin dari ketiga perusahaan itu belum melewati uji klinis fase 3.

"Mengapa perlu kecepatan, karena memang semua negara tengah berlomba-lomba untuk memperoleh vaksin ini secepat-cepatnya.

Baca Juga: Membandel dan Seakan Tak Ada Habisnya , Kini Muncul 137 Kasus Baru Covid-19, China Langsung Tes 4,75 Juta Warga Xinjiang

"Dan kita tahu ini semua memang kejar-kejaran," kata Jokowi dalam rapat terbatas 'Rencana Pengadaan dan Pelaksanaan Vaksinasi' di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/10/2020).

"Semua mengejar yang namanya vaksin agar warga mereka bisa cepat pulih dan ekonominya bisa bangkit," kata dia.

Meski begitu, Jokowi menegaskan bahwa vaksin tersebut baru akan disuntikkan ke masyarakat setelah melalui tahap uji klinis yang benar.

Dengan begitu, vaksin dipastikan efektif menangkal virus Covid-19 serta aman dan tak menimbulkan efek samping.

Baca Juga: Covid Hari Ini 26 Oktober 2020: Liburan Baik Bagi Kesehatan Psikologis, Tapi Tetap Tahan Diri Ya! Kenapa?