Find Us On Social Media :

Siapa Sangka, Ternyata Ada Misi Rahasia yang Dilakukan Jelang Erupsi Besar Merapi 10 Tahun Lalu, Ini Kata Pakar

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 26 Oktober 2020 | 12:15 WIB

Mobil Kijang merah milik Kamto, mengevakuasi warga Kinahrejo tepat detik-detik Merapi meletus pada 26 Oktober 2010

Intisari-Online.com - Pakar Gunung Merapi, Drs Subandriyo MSi, menjelaskan latar belakang pembentukan tim khusus yang menjalankan misi rahasia ke puncak Merapi.

Tim khusus ini dianggap terdiri para petugas-petugas senior pengamatan gunung, yang hasil pekerjaan mereka di masa-masa genting itu memiliki peran besar bagi keselamatan banyak orang.

Subandriyo, yang kini menjalankan fungsi sebagai Penyelidik Bumi Madya BPPTKG Yogyakarta, menyatakan keputusannya memang serba rahasia karena risiko.

Misi itu hanya diketahui Kepala BPPTK Yogyakarta, yang waktu itu (2010) dijalankan Subandriyo, Kepala Seksi Merapi dan beberapa orang lain di balai.

Baca Juga: Benar-Benar Tak Tahu Malu, Berulang Kali Diperingatkan Untuk Tidak Nyelonong Wilayah Ini, China Masih Saja Nekat Sampai Buat Negara Ini Pasrah, 'Kapal China Memperkosa Kami'

Saking rahasianya, Kepala Badan Geologi Dr Ir Surono atau sering disebut Mbah Rono, saat itu tidak diberitahu.

“Saya bentuk tim untuk melakukan pengamatan langsung dan sampling gas vulkanik di puncak Gunung Merapi yang sedang bergolak."

"Tugas ini bersifat rahasia,” kata Subandriyo kepada Tribun Jogja.

Menurutnya, keputusan itu didasari situasi yang serba penuh tanda tanya waktu itu.

Baca Juga: Trump Disebut Merangkul Setiap Diktator Akibatnya Korea Utara Kini Memiliki Lebih Banyak Rudal Mematikan Gara-gara Trump, Kok Bisa?