Find Us On Social Media :

Bobotnya Capai 10.000 Ton dan Sangat Canggih, Bisakah Kapal Perang Terkuat di Angkatan Laut Tiongkok Menembak Jatuh Satelit?

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 20 Oktober 2020 | 13:51 WIB

Nanchang adalah kapal perang terkuat dari angkatan laut China selain kapal induk.

Intisari-Online.com - Media pemerintah China baru-baru ini mengungkapkan kekuatan kapal perusak Tipe 055 Nanchang.

Kapal perang seberat 10.000 ton itu mulai beroperasi dengan PLAN pada 12 Januari tahun ini di kota pelabuhan Qingdao.

Nanchang adalah kapal perusak terbesar, yang dianggap sebagai "kapal perang permukaan terkuat angkatan laut China", di samping kapal induk.

Nanchang dimasukkan ke dalam layanan pada hari yang sama saat AS menyatakan dukungannya ketika pemimpin Taiwan Thai Anh Van terpilih kembali.

Baca Juga: Sadar Atau Tidak Sadar, China Telah Bangunkan Singa Tidur yang Sudah Diam Selama 75 Tahun: Jepang Mulai Perkuat Militer untuk Pertahankan Indo-Pasifik, Termasuk Ikut dalam Laga Laut China Selatan

Nona Thai adalah pendukung pembangunan Taiwan yang terpisah dari daratan Tiongkok.

Informasi tentang kapal perusak Nanchang diungkap oleh China Central Television (CCTV) dalam film dokumenter militer, yang ditayangkan perdana pada 13 Oktober.

CCTV mengatakan kapal tersebut dilengkapi dengan radar dual-band yang tahan terhadap siluman dan anti-satelit. Nanchang memiliki 112 tabung peluncuran vertikal, termasuk 64 tabung peluncuran di depan dan 48 tabung peluncuran di belakang.

Seorang analis militer mengatakan kepada Global Times bahwa karakteristik pertempuran Nanchang membantu tentara China "memiliki keunggulan penting atas musuh di medan perang modern."

Baca Juga: Benarkah dalam Omnibus Law Karyawan Dilarang Cuti dan Harus Bekerja Lebih Lama?