Find Us On Social Media :

Mengagumkan! Artefak Kristen dan Muslim ini Ditemukan dalam Bangkai Kapal di Israel yang Diduga Mengangkut Minyak Zaitun dan Anggur

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 23 September 2020 | 08:00 WIB

Bagian dari kapal karam Israel yang berasal dari abad ke 7 Masehi

Intisari-Online.com – Penemuan para arkeolog mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sejarah selalu saja membuat kagum.

Apalagi bila terdapat artefak yang sungguh tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Kali ini para arkeolog kelautan menemukan kapal yang karam secara misterius, dan ini mengubah pandangan para ahli.

Di lepas pantai Israel, para arkeolog kelautan telah menggali kapal karam misterius yang mengubah cara para ahli berpikir tentang abad ke-7 M di Timur Tengah.

Baca Juga: Lebih dari 70 Tahun Israel Deklarasikan Diri sebagai Negara, Urusan Batas Wilayahnya Masih Belum Selesai Tapi Meluas Berlipat Ganda, Begini Perkembangannya

Bangkai kapal itu pertama kali terlihat oleh anggota Kibbutz Ma'agan Michael, di lepas pantai Israel, sekitar 29 mil (47 kilometer) selatan Haifa.

Ia ditemukan pada tahun 2015, tetapi dibiarkan tidak terganggu dan tertutup pasir.

Barulah sejak 2016, kapal karam tersebut diselidiki oleh tim peneliti dari Institut Leon Recanati, Studi Kelautan Universitas Haifa.

Pada laman Ancient Origins disebutkan bahwa kapal itu awalnya memiliki panjang 75 kaki (23 meter), berada di kedalaman tiga meter dan terkubur oleh lebih dari satu ton pasir.

Baca Juga: Militer Israel yang 'Lahir' dari Perang Enam Hari Menghasilkan Senjata 'Galil' Pembunuh yang Didasarkan pada AK-47 Soviet, Seberapa Sempurna dan Mematikannya Itu?