Find Us On Social Media :

Lebih dari 70 Tahun Israel Deklarasikan Diri sebagai Negara, Urusan Batas Wilayahnya Masih Belum Selesai Tapi Meluas Berlipat Ganda, Begini Perkembangannya

By Khaerunisa, Selasa, 22 September 2020 | 17:15 WIB

(ilustrasi) Israel

Intisari-Online.com - Sampai saat ini masalah batas-batas wilayah Israel belum juga selesai, setelah lebih dari 70 tahun Israel mendeklarasikan diri sebagai sebuah negara.

Berbagai upaya dilakukan selama beberapa dekade namun belum juga membuahkan hasil.

Bahkan, perang, perjanjian dan okupasi wilayah masih terus terjadi dan mengubah bentuk negara Yahudi tersebut dari waktu ke waktu.

Berikut adalah serangkaian peta Israel yang berubah beserta peristiwa dan alasannya.

Baca Juga: Israel Berdamai dengan Sejumlah Negara Arab, Bagaimana Nasib Palestina setelah dapat 'Pengkhianatan'?

Tanah yang kini menjadi wilayah Israel dulu adalah bagian dari Kekaisaran Ottoman yang dikuasai Turki selama berabad-abad.

Namun, Perang Dunia Pertama (PD I) dan runtuhnya kekaisaran Ottoman menyebabkan wilayah yang dikenal sebagai Palestina - tapi bagi orang Yahudi, bagian di sebelah barat Sungai Jordan disebut tanah Israel - diserahkan ke Inggris untuk dikelola oleh kekuatan Sekutu yang menang perang (segera setelah disahkan oleh Liga Bangsa-Bangsa).

Inggris diamanahkan untuk mempersiapkan pendirian "sebuah rumah nasional bagi bangsa Yahudi" di tanah Palestina, selama langkah itu tidak mengurangi hak-hak sipil dan agama komunitas non-Yahudi di sana.

Kebangkitan nasionalisme Arab Palestina ditambah dengan pertumbuhan cepat populasi kecil Yahudi di Palestina - terutama setelah munculnya Nazisme pada tahun 1930-an - memperlihatkan sebuah peningkatan kekerasan Arab-Yahudi di Palestina.