Find Us On Social Media :

Dokumen Bocor Ungkap Bank Raksasa Dunia Ini Ada Kongkalikong dengan Para Pelaku Kasus 1MDB, Kuras Kekayaan Malaysia Sampai Hutangnya Jadi Masalah Perdana Menteri Selanjutnya

By Maymunah Nasution, Senin, 21 September 2020 | 13:20 WIB

Kapitalisme berjaya di kantor pusat Asia milik perusahaan finansial HSBC. Pajak yang rendah, regulas

Intisari-online.com - FinCen Files masih ramai dibicarakan hingga kini.

Bagi Anda yang belum tahu, FinCen Files adalah sebuah dokumen bocor terkait transaksi dana senilai 2 triliun Dolar AS.

Mengutip Kontan dari pengamatannya di situs resmi International Consortium of Investigative Journalist (ICIJ), dokumen rahasia pemerintah AS ungkapkan jika JPMorgan Chase, HSBC, dan bank raksasa dunia telah menentang tindakan keras pencucian uang.

Pencucian uang yang dimaksud adalah memindahkan sejumlah besar uang tunai terlarang untuk jaringan kriminal yang telah menyebarkan kekacauan dan merusak demokrasi di seluruh dunia.

Baca Juga: Sudah Dibawa ke Rumah Sakit Untuk Mendapat Pertolongan Medis, Gadis 7 Tahun Ini Justru Katakan Ingin Mati, Saja Dokter Kaget Bukan Main Setelah Tahu Kenyataan Ini

Catatan menunjukkan bahwa lima bank global - JPMorgan, HSBC, Standard Chartered Bank, Deutsche Bank, dan Bank of New York Mellon - terus mengeruk keuntungan dari pemain yang kuat dan berbahaya, bahkan setelah otoritas AS mendenda lembaga keuangan tersebut karena kegagalan sebelumnya untuk membendung aliran uang hasil kejahatan.

Laporan investigasi ICIJ menunjukkan, badan-badan AS yang bertanggung jawab untuk menegakkan undang-undang pencucian uang jarang menuntut bank-bank besar yang melanggar hukum.

Dalam beberapa kasus, bank terus memindahkan dana terlarang bahkan setelah pejabat AS memperingatkan bahwa mereka akan menghadapi tuntutan pidana jika mereka tidak berhenti berbisnis dengan mafia, penipu, atau rezim yang korup.

Dokumen yang bocor mengungkapkan, JPMorgan, bank terbesar yang berbasis di Amerika Serikat, melakukan transfer dana untuk orang pribadi dan perusahaan terkait dengan penjarahan besar-besaran dana publik di Malaysia, Venezuela dan Ukraina.

Baca Juga: Begini Rupanya Rahasia Bikin Ayam Goreng Tepung Tidak Melempem dan Tetap Renyah Saat Sudah Dingin, Perhatikan Letak Kesalahan yang Sering Kita Lakukan!