Find Us On Social Media :

Baru Kemarin Sore Merdeka dari Indonesia, Ternyata Timor Leste Pernah Dilanda Krisis Hebat Tahun 2006, Sebagian Tentaranya Sendiri Berubah Jadi Pemberontak Gara-gara Hal Ini

By Afif Khoirul M, Sabtu, 19 September 2020 | 13:40 WIB

Bendera Timor Timur

Intisari-online.com - Timor Leste merdeka dari Indonesia tahun 1999, namun secara resmi diakui merdeka pada tahun 2002 setelah memenangka referendum.

Sejak saat itu, Indonesia tidak lagi memiliki campur tangan atas kawasan itu, dan Timor Leste menjadi negara yang berdiri sendiri.

Namun, pada masa awal kemerdekaan yang baru seumur jagung, tepatnya tahun 2006, negara yang belum 5 tahun merdeka itu pernah dilanda krisis hebat.

Melansir Red Pepper, pada April 2006, Dili terbakar setelah 600 tentara berselisih dengan pemerintah Timor Leste.

Baca Juga: Rencana 'Gila' China! 40 Kapal Perusak dalam 5 Tahun: Simak Agenda Pembuatan Kapal China, Akan Punya 400 Kapal dan 4 Kapal Induk pada 2025

Krisis tersebut menyebabkan bentrokan antara kepolisian nasional Timor Leste (PNTL) dan pasukan militer (F-FDTL).

Akibatnya, terjadilah kekosongan kekuasaan dan rusaknya hukum hingga ketertiban di seluruh negeri.

Baik PNTL maupun F-FDTL tidak memiliki kepercayaan dari penduduk atau kapasitas untuk memberikan keamanan dan ketertiban yang memadai. 

Tuduhan berulang tentang pelecehan seksual, pelanggaran hak asasi manusia, distribusi senjata ilegal, dan keterlibatan dalam perdagangan gelap telah melemahkan kepercayaan publik pada PNTL pada khususnya.

Baca Juga: Sering Beri Ancaman Perang ke Musuh, Terowongan Bawah Tanah Rahasia Kim Jong-Un Terungkap, Lihat Betapa Mengerikannya Isinya