Find Us On Social Media :

Taiwan Geram, Beberapa Jet Tempur China Masuk Zona Respons, Bisa Ancam Perdamaian Regional

By Tatik Ariyani, Rabu, 9 September 2020 | 16:34 WIB

Chengdu J-10 yang mirip F-16

Intisari-Online.com - China kembali menerbangkan jet tempurnya ke wilayah Taiwan yang dianggap mengancam perdamaian regional.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, beberapa jet tempur China memasuki wilayah udara di Barat Daya Taiwan pada Rabu (9/9), menggambarkannya sebagai tindakan destabilisasi yang mengancam perdamaian regional.

Taiwan, yang China klaim sebagai wilayahnya, telah berulang kali mengeluhkan aktivitas militer China di dekat pulau itu, termasuk patroli reguler Angkatan Udara Tiongkok.

China mengatakan, latihan dan kegiatan tersebut menunjukkan tekad untuk melindungi kedaulatannya.

Baca Juga: Karena Dihantam Topan, Korea Utara Miliki Lebih Banyak Korban Jiwa Dibanding Korea Selatan, Kim Jong-Un Tak Terima dan Akan Hukum Para Pejabatnya, 'Mereka Tidak Patuhi Perintah'

Negeri tembok raksasa dalam beberapa minggu terakhir melakukan banyak latihan di sepanjang pantai dan dekat Taiwan.

Kementerian Pertahanan Taiwan menyebutkan, jet tempur Su-30 dan J-10 China telah memasuki "zona respons" Taiwan di Barat Daya pada Rabu (9/9) pagi.

Ada beberapa pesawat yang terlibat.

"Kementerian Pertahanan Taiwan dengan sungguh-sungguh mengutuk tindakan sepihak Komunis China yang merusak perdamaian dan stabilitas regional," tegas mereka dalam pernyataan yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Beranikan Diri Mengaku Disukai Abang Iparnya, Gadis Ini Malah Jadi Bahan Gunjingan Tetangga, Ini Kisahnya