Find Us On Social Media :

21 Tahun Merdeka, Masih Banyak Anak Timor Leste Kehilangan Kesempatan Belajar, Ternyata Ini Sederet Perguruan Tinggi yang Dimiliki 'Bumi Lorosae'

By Khaerunisa, Kamis, 3 September 2020 | 14:00 WIB

(ilustrasi) Perguruan Tinggi di Timor Leste

Intisari-Online.com - Berdiri sendiri sebagai sebuah negara setelah lepas dari Indonesia pada tahun 1999, Timor Leste harus mandiri mengejar pembangunan di segala bidang, termasuk pendidikannya.

Setelah 21 tahun merdeka, tepatnya pada 30 Agustus lalu, rupanya negara bernama resmi Republik Demokartik Timor Leste ini masih 'terseok-seok'.

Selain soal perekonomiannya, yang mana hampir 42 persen penduduk Timor Leste hidup di bawah garis kemiskinan, anak-anak Bumi Lorosae pun masih banyak yang kehilangan kesempatan belajar.

"Anak-anak kehilangan kesempatan penting untuk belajar dan pemberdayaan. Anak-anak di daerah pedesaan terpengaruh secara tidak proporsional," dikutip dari unicef.org.

Baca Juga: Sosok Presiden Pertama Timor Leste, Pemain Sepak Bola yang Akhirnya Blusukan di Hutan Menentang Senjata Lawan Tentara Indonesia

Padahal, perguruan tinggi di Timor Leste terbilang berjumlah banyak.

Ada setidaknya 8 perguruan tinggi yang dimiliki Timor Leste, dikutip dari Uni Rank.

Universitas terbaik Timor Leste berdasarkan peringkat Uni Rank merupakan universitas yang berdiri tak lama setelah kemerdekaan Timor Leste.

Berikut ini beberapa perguruan tinggi di Timor Leste dengan peringkat tertinggi tahun 2020, dilansir dari laman Uni Rank.