Find Us On Social Media :

China Memang Cerdas dan Penuh Akal Bulus, Saham TikTok Bernilai Miliaran dan Hendak Dibeli Microsoft, China Keluarkan Aturan Bytedance Tak Bisa Jual TikTok Tanpa Izin Pemerintah

By Maymunah Nasution, Selasa, 1 September 2020 | 06:40 WIB

ByteDance, induk perusahaan TikTok

Intisari-online.com - ByteDance tidak bisa menjual TikTok tanpa persetujuan Pemerintah China.

Ini artinya, upaya Pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk menguasai TikTok yang beroperasi di AS akan terganjal.

Sejauh ini, Pemerintah China tidak menyetujui langkah tersebut.

Pemerintah China memberlakukan langkah tersebut di bawah batasan baru terkait ekspor teknologi kecerdasan buatan (AI) seperti pengenalan teks dan ucapan serta teknologi yang menganalisis data untuk membuat rekomendasi konten yang dipersonalisasi.

Baca Juga: Covid Hari Ini 31 Agustus 2020: RS Sudah Mulai Penuh, Pak Menhan Prabowo Terima 500 Ventilator dari AS

Batasan itu ditambahkan ke daftar revisi produk pengawasan ekspor yang diterbitkan di situs web Kementerian Perdagangan Jumat malam (28/8).

"Izin pemerintah akan diperlukan untuk transfer ke luar negeri untuk "menjaga keamanan ekonomi nasional," kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut seperti dikutip Bloomberg, Minggu (20/8).

Pembatasan baru mencakup teknologi yang digunakan ByteDance di TikTok, akan membuat Bytedance harus meminta persetujuan pemerintah untuk kesepakatan apa pun.

Menurut si sumber, aturan baru itu bertujuan untuk menunda penjualan dan bukan larangan langsung.

Baca Juga: Meski Telah Dipersenjatai Peralatan Perang Canggih, Sebenarnya Militer China Belum Punya Kemampuan Melakukan Serangan Penuh ke Taiwan