Find Us On Social Media :

AS Geram, Rusia Cegat Pesawat Pembom B-52 AS di Atas Laut Hitam, Sebut Tindakannya Tidak Aman dan Tidak Profesional

By Tatik Ariyani, Minggu, 30 Agustus 2020 | 15:07 WIB

Su-27 Rusia

Intisari-Online.com - Jumat (28/8/2020), dua jet tempur Rusia mencegat pesawat pembom B-52 Stratofortress Amerika Serikat ( AS) di atas Laut Hitam.

Dilansir dari Business Insider, hal itu disampaikan oleh Angkatan Udara AS dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (29/8/2020).

Pernyataan itu menambahkan kedua jet tempur Su-27 Flanker Rusia melakukan pencegatan secara “tidak aman dan tidak professional” dengan melintas di depan hidung B-52 dengan jarak sekitar 30 meter.

Selain itu, kedua Su-27 Flanker melakukan afterburner yang menyebabkan turbulensi dan membatasi kemampuan B-52 dalam bermanuver.

Baca Juga: Kisah Gus Dur Presiden Indonesia yang Pernah Bikin Israel Sampai Keheranan, Media Israel Sampai Gambarkan Kehebatannya dengan Ungkapan Begini

Komandan Angkatan Udara AS di Eropa dan Afrika, Jenderal Jeff Harrigian, mengatakan bahwa tindakan seperti ini meningkatkan potensi tabrakan di udara.

Dia menambahkan tindakan Rusia tersebut tidak diperlukan, tidak konsisten dalam penerapan good airmanship, serta tidak mematuhi aturan penerbangan internasional.

Dia menambahkan bahwa pesawat Rusia membahayakan keselamatan penerbangan dari pesawat AS.

Di sisi lain, Rusia dituduh secara teratur melakukan pencegatan yang dianggap tidak aman dan tidak professional.

Baca Juga: Terkena Tembakan hingga Salah Satu Kakinya Diamputasi, Anjing Militer yang Selamatkan Pasukan Inggris dari Al Qaeda Terima Penghargaan Tertinggi