Find Us On Social Media :

21 Tahun Ngotot Pilih Lepas dari Indonesia, Timor Leste Justru Jadi Salah Satu Negara Paling Miskin di Dunia dengan Korupsi yang Merajalela

By Tatik Ariyani, Minggu, 30 Agustus 2020 | 14:16 WIB

Ribuan warga Kota Dili antre dalam pelaksanaan penentuan pendapat di Timor Timur, 30 Agustus 1999

Intisari-Online.com - Sebelum melepaskan diri dari Indonesia, Timor Timur menjadi bagian dari Indonesia sebagai provinsi ke-27.

Namun, 21 tahun lalu hari ini, tepatnya 30 Agustus 1999, Timor Leste (dulu dikenal Timor Timur) mengadakan jajak pendapat atau referendum untuk memilih melepaskan diri atau tetap bersama Indonesia.

Pada 30 Agustus 1999 dilakukan pemungutan suara bagi warga Timor Timur untuk memilih apakah akan tetap bersama Indonesia atau menjadi negara sendiri.

Referendum yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu mengakhiri konflik yang terjadi sebelumnya, serta memberi jalan bagi mereka meraih lepas dari Indonesia.

Baca Juga: Lewat 'Pembatalan Islam', Sekolah Ini Menjelma Jadi 'Pabrik' Anak-anak Militan ISIS di Indonesia, Menanam Benih Antagonisme Terhadap Musuh Islam

Timor Leste baru resmi diakui sebagai negara secara internasional 3 tahun setelah pemungutan suara, yaitu pada 2002.

Bagaimana kisah lepasnya Timor Timur (Timtim) dari Indonesia?

Referendum

Dilansir AFP via Kompas.com, (30/8/2019), selama 24 tahun, rakyat Timor Timur hidup dalam konflik, kelaparan, hingga penyakit. Lebih dari 250.000 korban meninggal dampak dari kondisi tersebut.

Penyelesaian masalah di Timor Timur mendekati akhir saat diadakannya jajak pendapat pada 30 Agustus 1999.

Baca Juga: Ketika Keegoisan Negara-negara Superkaya 'Membunuh' Mimpi Besar nan Mulia WHO Soal Vaksin Covid-19, Negara Miskin akan Semakin Merana