Find Us On Social Media :

200.000 dan Masih Terus Berkembang: Korea Utara Memiliki 'Pasukan Khusus' Terbesar di Dunia, Termasuk Pasukan Wanita Berpakaian Warga Sipil yang Dilatih untuk Operasi Tempur

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 25 Agustus 2020 | 13:22 WIB

 

Intisari-Online.com - Salah satu bagian terpenting dari mesin perang Korea Utara adalah 'kekuatan prajurit.'

Korea Utara kemungkinan besar memiliki organisasi pasukan khusus terbesar di dunia, berjumlah dua ratus ribu pria — dan wanita — yang dilatih dalam perang non-konvensional.

Komando Pyongyang dilatih untuk beroperasi di seluruh Semenanjung Korea, dan mungkin di luarnya, untuk menghadirkan ancaman asimetris kepada musuh-musuhnya.

Selama beberapa dekade, Korea Utara mempertahankan kekuatan semua senjata yang mengesankan mulai dari tank hingga infanteri mekanis, artileri, pasukan lintas udara, dan pasukan khusus.

Baca Juga: ISIS Bukan Apa-apanya, Kelompok Teroris Mengerikan Ini Yang Justru Kuasai Pemerintahan Iran: Melatih Kelompok Teroris Lain untuk Hancurkan Timur Tengah, Siapa Mereka?

Pasukan konvensional negara tersebut, menghadapi kemerosotan panjang setelah berakhirnya Perang Dingin.

Peralatan mereka mulai usang dan bahkan kekurangan pasokan.

Misalnya saja, Korea Utara memiliki sangat sedikit tank yang didasarkan pada Soviet T-72 tahun 1970-an, dan sebagian besar masih merupakan turunan dari T-62 era 1960-an.

Korps lapis baja Pyongyang lainnya berada dalam kesulitan yang sama, membuat mereka kalah dengan pasukan AS dan Korea Selatan.

Baca Juga: Rusia Marah Besar, Seorang Diplomatnya Diusir dari Austria, Aksi Balasan pun Dilancarkannya