Find Us On Social Media :

Manfaat Ketumbar untuk Gangguan Pencernaan Juga Penyakit Modern

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 13 Agustus 2020 | 16:20 WIB

Manfaat ketumbar untuk gangguan pencernaan.

Intisari-Online.com – Ketumbar digunakan sebagai daun segar atau buah kering (sebagai biji) yang merupakan bahan untuk banyak resep.

Buahnya digunakan sebagai bumbu dan daun terutama untuk hiasan dalam praktik kuliner India.

Penggunaan untuk pencegahan

Jika ketumbar dikonsumsi secara teratur memiliki khasiat yang membantu memperbaiki kondisi pencernaan, memperkuat lambung, menurunkan kadar kolesterol dan mencegah keracunan makanan.

Baca Juga: Manfaat Infus Air Ketumbar dan yang Lainnya untuk Detoksifikasi, Mau?

Ketumbar juga telah digunakan untuk mengobati diare (akibat jamur), infeksi saluran kemih, rematik, nyeri, muntah, batuk, hepatitis C, demam, radang tenggorokan, gondok, migrain, dan gangguan haid, masalah mata, kotoran darah, cacing parasit, kondisi kulit, gangguan ginjal, sariawan, radang mulut dan kolesterol tinggi.

Ketumbar juga telah digunakan untuk meningkatkan vitalitas dan memori. Jus ketumbar telah digunakan untuk mengobati mual dan mual di pagi hari, radang usus besar dan gangguan hati.

Penggunaan kuratif

Ketumbar dipercaya sebagai anti-spasmodik, anti-inflamasi, bertindak sebagai perangsang nafsu makan dan bermanfaat dalam kondisi seperti sakit perut, perut kembung, nafsu makan menurun, kejang usus dan diare.

Baca Juga: 13 Manfaat Kesehatan yang Mungkin dari Daun dan Biji Ketumbar