Bencinya Setengah Mati dengan Amerika, Negara ini Langsung Bersatu dengan China, Percaya Diri Bisa Tumbangkan Negeri Paman Sam Jika Keduanya Bersatu

Tatik Ariyani

Penulis

Bencinya Setengah Mati dengan Amerika, Negara ini Langsung Bersatu dengan China, Percaya Diri Bisa Tumbangkan Negeri Paman Sam Jika Keduanya Bersatu

Intisari-Online.com -China dan Iran menjadi sorotan setelah pembicaraan mereka tentang perjanjian kemitraan jangka panjang bahkan sebelum rinciannya muncul secara resmi.

Lampu hijau untuk negosiasi ini datang tak lama setelah finalisasi kesepakatan nuklir Iran pada 2016, ketika Presiden China Xi Jinping melakukan kunjungan bersejarah ke negara itu dan bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei.

Saat itu, kedua negara mengeluarkan pernyataan untuk membuat kemitraan menjadi lebih formal.

Melansir ecfr.eu,Jumat (17/7/2020), menurut pejabat Iran, kemitraan tersebut telah disetujui oleh pemerintah Rouhani beberapa bulan lalu dan negosiasi lebih lanjut dengan China akan menyusul.

Baca Juga: Berani Senggol Putra Mahkota Arab Saudi, Mantan Mata-mata Ini Jadi Buronan 50 Pembunuh Bayaran Sang Pangeran, Dikejar Sampai ke Kanada

Kesepakatan 25 tahun ini dan negosiasi lainnya memiliki implikasi ekonomi dan geopolitik yang penting.

Diperlukan waktu berbulan-bulan sampai detail perjanjian dipublikasikan.

Menurut spekulasi di media dan draf yang diduga bocor, kesepakatan itu dirancang untuk membuka jalan bagi investasi China yang cukup besar di sektor-sektor strategis penting Iran, termasuk transportasi, energi, telekomunikasi, pariwisata, dan perawatan kesehatan.

Kesepakatan itu dikabarkan akan melibatkan kerja sama keamanan dan pembagian intelijen.

Baca Juga: Sama-sama Sesumbar Perang di Laut China Selatan, Sejatinya China dan AS Sama-sama Ketakutan Setengah Mati Jika Perang Terjadi, Hal Sederhana Ini Jadi Buktinya

Setiap kolaborasi militer dan keamanan China-Iran, meski dipandang sebagai langkah provokatif oleh Barat, kemungkinan akan meningkat.

Seorang pakar keamanan China mengatakan bahwa ketika Iran, China, dan Rusia melakukan latihan angkatan laut bersama pada 2019, hal itu dilakukan lebih ke memberi isyarat kepada Amerika Serikat daripada keterlibatan China dalam operasi keamanan dengan Iran.

Teheran dan Beijing sebagian besar memiliki hubungan pragmatis, berorientasi bisnis, dan non-ideologis satu sama lain.

Baca Juga: Sama-sama Sesumbar Perang di Laut China Selatan, Sejatinya China dan AS Sama-sama Ketakutan Setengah Mati Jika Perang Terjadi, Hal Sederhana Ini Jadi Buktinya

Iran sepenuhnya memahami implikasi kebangkitan cepat China sebagai kekuatan global.

Memang, mengingat dampak luas dari sanksi sekunder AS pada perdagangan Eropa dengan Iran, para pemimpin Iran sekarang memandang China sebagai satu-satunya kekuatan dunia utama yang dapat menantang dominasi ekonomi AS.

China, sementara itu, memahami bahwa Iran adalah kekuatan regional utama yang terletak di persimpangan Timur Tengah dan Asia Tengah - sebuah area yang penting bagi Belt and Road Initiative (BRI).

Sementara China menempati peringkat sebagai salah satu mitra dagang utamanya.

Setelah kunjungan Xi pada 2016, pembicaraan tentang perjanjian kemitraan lambat dimulai.

Namun sekarang tampaknya, dalam setahun terakhir, Iran dan China - yang keduanya berada dalam posisi genting oleh pemerintahan Trump - telah mempercepat pembicaraan mereka.

Bagi Iran, memformalkan hubungan bilateral dengan China dengan cara yang lebih konkret dapat membawa manfaat ekonomi serta tujuan geopolitik.

Baca Juga: Lagi-lagi Trump Ditolak: Hendak Berikan Stimulus Corona untuk Warga AS yang Terdampak Pandemi, Kongres Justru Menolak Proposalnya, 'Berikan Saja Sendiri Kepada Mereka'

Dalam beberapa tahun terakhir, Iran sangat menyadari bahwa mereka tidak mendapatkan keuntungan dari jenis peningkatan investasi China dan proyek infrastruktur yang terlihat di Israel dan negara-negara Dewan Kerjasama Teluk.

Perjanjian kemitraan jangka panjang akan dapat mengunci komitmen China dengan cara yang membantu Teheran menuntut kerja sama ekonomi yang lebih besar dengan Beijing.

Kesepakatan China-Iran juga memiliki dimensi politik yang besar.

Bagi Teheran, mengupayakan kemitraan ini adalah tentang Beijing dan juga tentang Washington.

Iran sangat paham tentang fakta bahwa persaingan kekuatan besar antara AS dan China kemungkinan akan meningkat di tahun-tahun mendatang.

Negosiasi atas kesepakatan China-Iran memberi Iran kesempatan untuk mendapatkan perhatian negara-negara Barat saat mereka memperdebatkan hubungan ekonomi mereka dengan China.

Iran telahberpaling ke China dan Rusia untuk perlindungan terhadap tekanan AS di PBB, dan akan mendorong tanggapan yang berani dari mereka jika pemerintahan Trump mencoba langkah yang sangat kontroversial untuk menghentikan sanksi PBB terhadap Iran dalam beberapa bulan mendatang.

China telah menjadi pembela Iran yang lebih vokal di Badan Energi Atom Internasional, bahkan bulan lalu menolak terhadap resolusi pimpinan Eropa yang menegur Iran.

Baca Juga: Tanpa Perlawanan Berarti, Gilang 'Bungkus' Ditangkap dan Langsung Dibawa ke Surabaya, Sudah Alami Kelainan Sejak Kecil hingga Dikeluarkan dari Kampus

Antusiasme Iran untuk perjanjian kemitraan dengan China juga berperan besar dalam politik domestik.

Pemimpin tertinggi telah lama menjadi pendukung terbentuknya aliansi yang lebih strategis dengan kekuatan non-Barat, yang menurutnya lebih dapat dipercaya daripada AS atau Eropa.

Presiden Hassan Rouhani mungkin telah mendorong pembukaan dengan Barat, tetapi dia juga mendukung integrasi yang lebih besar dengan ekonomi Asia seperti China, Jepang, dan Korea Selatan.

Baik Iran dan China akan memperoleh keuntungan dari kerangka kerja formal dan jangka panjang yang mengatur hubungan bilateral mereka.

Meskipun kesepakatan menyeluruh hampir pasti akan membuat kemitraan mereka lebih kuat, sangat tidak mungkin untuk berkembang menjadi aliansi strategis penuh.

Jelas, langkah seperti itu akan menghadapi perlawanan kuat dari dalam Iran.

China - yang belum secara substansial mengomentari kesepakatan itu - juga perlu secara hati-hati menyeimbangkan hubungan yang mendalam dengan Iran terhadap kekhawatiran Israel, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab - yang dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi mitra ekonomi penting di Timur Tengah.

Artikel Terkait