Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 8 Agustus 2020: Bisa Jadi Pelajaran Buat Indonesia, Ini 3 Faktor Kasus Covid-19 di India Lampaui 2 Juta

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 8 Agustus 2020 | 09:12 WIB

 

Intisari-Online.com - Covid hari ini masih terus menghantui dunia.

India telah mencatat kasus infeksi Covid-19 lebih dari 2 juta, muncul beberapa spekulasi para ahli mengenai penyebab lonjakan kasus tersebut.

Melansir BBC pada Jumat (7/8/2020), jumlah kasus Covid-19 India melampaui 2 juta, setelah adanya penambahan 62.170 kasus dalam waktu 24 jam terakhir atau satu juta kasus hanya dalam 20 hari, lebih cepat dari AS atau Brasil, yang keduanya memiliki jumlah kasus yang lebih tinggi.

Jika mengingat populasi India yang padat, mungkin jumlah kasus yang terjadi tidak mengejutkan.

Baca Juga: 8 Minggu Abaikan Rasa Sakit di Kaki Kanannya demi Rawat Pasien Covid-19, Perawat Ini Pasrah Kakinya Harus Diamputasi, 'Saya Sibuk Bantu Orang Lain Hingga Lupa dengan Rasa Sakit di Diri Saya'

Namun, para ahli mengatakan virus itu bisa diperlambat.

Para ahli menyalahkan lockdown yang singkat, pengujian dan penelusuran yang tidak merata, serta protokol keamanan Covid-19 yang tidak efektif.

Bahkan saat daerah yang semula menjadi pusat penyebaran Covid-19 telah membaik, seperti Delhi, Tamil Nadu, dan Maharashtra, kasus melonjak di wilayah lain.

"Kami telah melihat cukup banyak orang yang melakukan perjalanan antara daerah pedesaan dan perkotaan, serta kami melihat virus sekarang memasuki daerah pedesaan dan menyebar di sana," kata Dr Srinath Reddy, presiden Yayasan Kesehatan Masyarakat India dan penasihat untuk federal serta pemerintah negara bagian dalam mengatasi Covid-19.

Baca Juga: Masih Terbatas untuk Kebutuhan Militer, Prabowo Ternyata Juga Pesan Maung SWB: 'Beliau Minta Maung dalam Dua Versi'