Find Us On Social Media :

'Jika Tidak Dipindahkan Itu Akan Meledakkan Seluruh Beirut', Peringatan Datang Enam Bulan Lalu, Mengapa Tetap Terjadi Bencana di Beirut Lebanon?

By Khaerunisa, Kamis, 6 Agustus 2020 | 08:54 WIB

Detik-detik ledakan maha dahsyat di Beirut, Lebanon.

'Jika Tidak Dipindahkan Itu Akan Meledakkan Seluruh Beirut', Peringatan Datang Enam Bulan Lalu, Mengapa Tetap Terjadi Bencana di Beirut Lebanon?

Intisari-Online.com - Selasa (4/8/2020), terjadi ledakan dahsyat yang mengguncang Beirut, Lebanon.

Ledakan yang terjadi pukul 18.07 waktu setempat itu menewaskan sedikitnya 78 orang dan melukai hampir 4.000 orang lainnya.

Penyelidikan segera dilakukan atas insiden mengerikan itu.

Dugaan awal, sumber ledakan berasal dari ribuan ton amonium nitrat yang tersimpan di sebuah gudang.

Baca Juga: Perihal Lebanon yang Baru Saja Alami Ledakan Hebat, Beirut Dapat Julukan Paris di Timur Tengah dan Bagaikan Burung 'Phoenix': Hancur dan Bangun Kembali Sampai 7 Kali

Melansir The Sun (6/8/2002), Kini pihak berwenang Lebanon menempatkan pejabat pelabuhan sebagai tahanan rumah dan laporan telah muncul bahwa simpanan bahan peledak itu disita dari seorang pengusaha Rusia misterius.

Namun, di sisi lain pejabat pelabuhan memiliki argumennya sendiri, mereka menuding pemerintah karena mereka mengklaim telah berulang kali memperingatkan pihak berwenang tentang kargo berbahaya di Gudang 12.

Sumber yang dekat dengan investigasi menyalahkan insiden itu pada 'kelambanan dan kelalaian'.

"tidak ada yang dilakukan oleh komite dan hakim yang terlibat dalam mengeluarkan bahan peledak," katanya.