Find Us On Social Media :

Ledakan Hebat di Beirut Terjadi Sebelum Sidang Pembunuhan Rafiq Hariri, Mantan PM Lebanon yang Tewas Secara Tragis Karena Ledakan Bom Truk, Kasusnya Tak Juga Selesai padahal Sudah 15 Tahun Berlalu

By Tatik Ariyani, Rabu, 5 Agustus 2020 | 10:23 WIB

Mantan PM Lebanon Rafik Hariri yang dibunuh dengan bom truk

Ledakan Hebat di Beirut Terjadi Sebelum Sidang Pembunuhan Rafiq Hariri, Mantan PM Lebanon yang Tewas Secara Tragis Karena Ledakan Bom Truk, Kasusnya Tak Juga Selesai padahal Sudah 15 Tahun Berlalu

Intisari-Online.com - Sebanyak 73 orang tewas dan ribuan lainnya terluka ketika dua ledakan besar mengguncang Beirut, ibu kota Lebanon.

Ledakan yang berlokasi di kawasan pelabuhan itu mengguncangkan seluruh ibu kota, mengguncang bangunan dan menebarkan kepanikan di antara warganya.

Kepulan asap berwarna oranye membubung ke langit setelah ledakan kedua terjadi.

Diikuti gelombang kejut mirip tornado yang menyapu Beirut.

Baca Juga: Hancurkan Seluruh Kota dalam Hitungan Detik, Trump Tanggapi Penyebab Ledakan Besar di Beirut, 'Kemungkinan Itu Serangan Bom dan AS Siap Bantu Lebanon'

Perdana Menteri Hassan Diab menyatakan, sebanyak 2.750 ammonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian disinyalir menjaid penyebab insiden.

Pupuk itu, kata PM Diab, disimpan selama bertahun-tahun dalam gudang di tepi laut. "Memicu bencana alam dalam setiap arti," kata dia.

Berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan Lebanon, sebanyak 73 orang tewas dan 3.700 orang terluka di seantero ibu kota dalam insiden tersebut.

Ratusan netizen kemudian menceritakan pengalaman memilukan yang mereka alami di media sosial, dengan ada warganet yang menceritakan bangunan di sekitarnya bergetar.

Baca Juga: Covid Hari Ini 5 Agustus 2020: Ada 115.056 Kasus di Tanah Air, Sementara Ada 18,6 Juta Kasus Secara Global