Find Us On Social Media :

Padahal China Juga Seenak Jidatnya Sendiri Wara-Wiri di Laut China selatan, Tiongkok Sesumbar Sebut AS yang Suka Nyelonong, 'Ini Bukan Hawai'

By Maymunah Nasution, Kamis, 30 Juli 2020 | 18:53 WIB

Baru Kembali Terjadi Setelah Dua Dekade, Komposisi Kapal Induk Amerika di Laut China Selatan Ini Tunjukkan Rasa Frustasi AS dengan Polah Tiongkok

Padahal China Juga Seenak Jidatnya Sendiri Wara-Wiri di Laut China selatan, Tiongkok Sesumbar Sebut AS yang Suka Nyelonong, 'Ini Bukan Hawai'

Intisari-online.com - Pada 28 Juli, China kembali menegaskan penentangannya terhadap dugaan campur tangan AS dalam masalah Laut Cina Selatan.

Secara khusus, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan Laut Cina Selatan bukanlah Hawaii dan memperingatkan bahwa upaya Washington untuk membuat kestabilan kawasan tidak akan berhasil, menurut CGTN.

"Kita perlu memberi tahu Tuan Pompeo, Laut Timur bukan Hawaii dari AS" - menurut Tuan Wang.

Wang menuduh Amerika Serikat mengirim dua kelompok tempur kapal induk USS Nimitz dan USS Ronald Reagan ke latihan maritim skala besar di Laut Cina Selatan untuk menggerakkan ketegangan, tanpa manfaat bagi perdamaian, stabilitas, atau kepentingan. negara di wilayah tersebut.

Baca Juga: Negara Superior Sudah Kirim Pasukan Tempurnya, Wilayah yang Amat Dekat dengan Indonesia Ini Diprediksi Jadi Lokasi Perang Dunia III, Ahli Ungkap Prediksinya

Wang menyarankan agar Amerika Serikat berhenti menggunakan masalah Laut Cina Selatan untuk menciptakan konflik regional untuk mencoba menahan China.

Dia juga meminta negara-negara di kawasan itu untuk memihak Cina.

Pernyataan Wang dalam menanggapi tweet Sekretaris Negara AS Mike Pompeo pada 25 Juli menolak keinginan China untuk memiliki hampir semua lautan dan berkata, "Laut Cina Selatan bukanlah kerajaan lautan dari Cina".

Pompeo juga mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan berdampingan dengan negara-negara Asia Tenggara dalam sengketa kedaulatan dengan Cina.

Baca Juga: Tidak Hanya untuk Membuat Kue Baking Soda Miliki Manfaat Luar Biasa untuk Kecantikan, dari Cerahkan Kulit Hingga Cegah Jerawat, Mau Coba?