Find Us On Social Media :

Langsung Mengepung dari Dua Arah Mata Angin, AS Pindahkan Pasukannya ke Dekat Rusia, Gara-gara Sejarah yang Ingin Ditulis Ulang

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 30 Juli 2020 | 10:22 WIB

Langsung Mengepung dari Dua Arah Mata Angin, AS Pindahkan Pasukannya ke Dekat Rusia

Intisari-Online.com - Bikin panas Rusia, AS rotasi pasukan di Eropa ke wilayah Laut Hitam dan Baltik

Amerika Serikat (AS) merotasi pasukan di Eropa, menyusul penarikan 11.900 tentara mereka dari Jerman.

Tujuan utama dari rotasi itu adalah untuk memperkuat sisi Tenggara NATO di dekat Laut Hitam.

Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan, militer negeri uak Sam akan merelokasi pasukan dan skuadron jet tempur ke Italia, dan lebih banyak rotasi unit lapis baja Stryker ke wilayah Laut Hitam.

Baca Juga: Covid Hari Ini 30 Juli 2020: 17 Juta Orang Terinfeksi, Ini Tips Membersihkan Rumah di Masa Pandemi Covid-19, Penting!

Rotasi ini fokus pada potensi ancaman ke Eropa Tenggara dari Rusia.

"Tujuannya adalah untuk meningkatkan pencegahan dan meyakinkan sekutu di sepanjang sisi Tenggara NATO," kata Esper, Rabu (29/7), seperti dikutip Al Jazeera.

Menurut Esper, beberapa unit pasukan AS juga bisa rotasi ke Polandia dan negara-negara Baltik jika negara-negara tersebut mencapai kesepakatan akhir dengan Washington mengenai ide pemindahan tersebut.

"Perubahan-perubahan ini tidak diragukan lagi, akan mencapai prinsip-prinsip inti meningkatkan penangkalan AS dan NATO terhadap Rusia, memperkuat NATO, meyakinkan sekutu, dan meningkatkan fleksibilitas strategis AS," ujar Esper.

Baca Juga: Memiliki Tingkat Bunuh Diri Tertinggi di Dunia, Inilah Mengapa Kematian Aktor Terkenal Jepang Haruma Miura Justru Sulit Diterima Warga Jepang Sendiri