Find Us On Social Media :

Inilah Gideon, Seorang Pemuda yang Dipilih untuk Selamatkan Israel, Dijuluki Pahlawan Gagah Berani

By Tatik Ariyani, Rabu, 29 Juli 2020 | 16:44 WIB

Kisah Gideon, Seorang Pemuda yang Dipilih untuk Selamatkan Israel

Intisari-Online.com - Banyak hal tentang Israel yang membuat orang penasaran, salah satunya tentang seseorang yang dijuluki pahlawan Israel berikut.

Gideon juga dikenal sebagai Yerubaal, adalah seorang hakim yang muncul dalam Kitab Hakim-hakim, di dalam Alkitab Ibrani dan Perjanjian Lama di Alkitab Kristen.

Kisahnya terdapat dalam Hakim-hakim 6-8. Ia juga disebutkan dalam Surat Ibrani sebagai contoh orang beriman. Gideon adalah anak Yoas, dari bani Abiezer dari suku Manasye.

Nama Gideon berarti "Si Penghancur", "Pahlawan perkasa" atau "Penebang (pohon)".

Baca Juga: Jika Benar Bisa Dianggap Melecehkan Umat Islam, Israel Dituduh Mengubah 15 Masjid Menjadi Tempat Dugem, Restoran dan Sinagog Untuk Kepentingan Yahudi

Seperti halnya pola di dalam Kitab Hakim-hakim, bangsa Israel kembali berpaling dari Allah setelah masa damai selama 40 tahun yang dihasilkan oleh kemenangan Debora atas Kanaan dan dibiarkan diserang oleh suku bangsa Midian dan Amalek yang tinggal di sekitarnya.

Allah memilih Gideon, seorang pemuda dari sebuah keluarga yang tidak dikenal dari suku Manasye, untuk membebaskan rakyat Israel dan mengutuk penyembahan berhala mereka.

Gideon sendiri tidak yakin akan dirinya dan perintah Allah, karena itu ia meminta bukti tentang kehendak Allah lewat sebuah mujizat:

36. Kemudian berkatalah Gideon kepada Allah: "Jika Engkau mau menyelamatkan orang Israel dengan perantaraanku, seperti yang Kaufirmankan itu.

Baca Juga: Desain Toilet Abad Pertengahan Bikin Netizen Tertawa, Bagaimana Para Bangsawan Menggunakannya?