Find Us On Social Media :

Patahkan Stigma Anak Tunggal Susah Diajak Berkomunikasi, Ini Trik untuk Orangtua Membantu Mereka Bersosialisasi dengan Baik!

By Khaerunisa, Kamis, 23 Juli 2020 | 17:59 WIB

ilustrasi orangtua dan anak tunggal

Patahkan Stigma Anak Tunggal Susah Diajak Berkomunikasi, Ini Trik untuk Orangtua Membantu Mereka Bersosialisasi dengan Baik!

Intisari-Online.com - Setiap orangtua punya tantangan tersendiri dalam membesarkan atau mengasuh anak.

Namun, salah satu yang cukup menantang adalah membesarkan anak tunggal.

Ada stigma bahwa anak tunggal susah diajak berkomunikasi, susah berbagi, karena terbiasa bermain sendiri dan memiliki barang-barang sendiri.

Untuk menghapus stigma tersebut, Psikolog Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi berbagi tips asik melatih anak tunggal supaya mampu bersosialisasi dengan baik.

Baca Juga: Menyentuh Hati: Ada Pelajaran Penting di Balik Viralnya Video Ini, Bocah 10 dan 5 Tahun Jualan Klepon, Berjuang di Malam Hari untuk Bantu Kedua Orang Tua

Supaya proses belajar tidak menegangkan lakukan sambil bermain dan pilih permainan yang banyak menimbulkan interaksi dengan anak, misalnya bermain dokter dan pasien.

Dengan cara tersebut anak jadi mau berbicara, melatih respons anak untuk terus mau berinteraksi dengan orang lain.

"Untuk menumbuhkan keterampilan sosial lewat proses bermain maka bermain dengan orangtua yang butuh interaksi, ajak anak jadi pasien orangtua jadi dokter yang menimbulkan komunikasi dua arah," ucap Anna saat live bersama Paddle Pop, Rabu (22/7/2020).