Find Us On Social Media :

Korea Utara Selalu Kompak dengan China, Kali Ini Perkara Laut China Selatan, Korut: Menlu AS Sembrono!

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 16 Juli 2020 | 16:26 WIB

Gambar yang diambil pada 24 Agustus 2019 dan dirilis 25 Agustus oleh kantor berita Korea Utara 9KCNA) memperlihatkan Pemimpin Korut kim Jong Un merayakan uji coba senjata peluncur roket berukuran besar di lokasi yang tidak diketahui.

Intisari-Online.com - Laut China Selatan menjadi isu hangat yang diperbincangkan dunia saat ini.

Salah satu topiknya adalah memanasnya hubungan antara Amerika dengan China.

Terkait hal itu, Korea Utara menyalahkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo, atas komentarnya terhadap China terkait Laut China Selatan.

Hal itu menandakan Korea Utara berada dalam kubu China dalam keretakan hubungan antara China dengan AS sebagaimana dilansir dari Korea JoongAng Daily, Rabu (15/7/2020).

Baca Juga: Tak Punya Belas Kasihan, Bocah Bersepeda ini Divonis Hukuman Mati oleh Pengadilan Arab Saudi, Hanya Gara-gara Berdemo Bersama Teman-temannya

Melalui media resmi Pemerintah Korea Utara KCNA, Kementerian Luar Negeri Korea Utara mengatakan bahwa Pompeo membuat komentar yang sembrono atas klaim China terhadap Laut China Selatan.

“Bahwa negara non-Asia di seberang lautan, tidak puas dengan pernyataan cerobohnya atas masalah Laut China Selatan, telah melakukan pelecehan terhadap Partai Komunis China,” bunyi pernyataan tersebut.

Pernyataan tersebut menambahkan Pompeo telah melabeli Partai Komunis China sedemikian rupa seperti Covid-19 sebagai krisis yang disebabkan oleh China, jaringan 5G sebagai alat China, dan lain-lain.

Pernyataan itu muncul sebagai tanggapan atas pengumuman Pompeo bahwa Amerika Serikat secara resmi menolak sebagian besar klaim Beijing di Laut Cina Selatan, Senin (13/7/2020).

Baca Juga: Bikin Jiwa Kemiskinanmu Meronta, Pengemis Ini Penghasilannya Tembus Rp14 juta Sebulan, Punya Apartemen Senilai Bernilai Rp1,6 Miliar, Semua Dari Hasil Ngemis